MotoGP 2021: Merasa Diuntungkan Peraturan, Alex Rins Yakin Bersaing Berebut Gelar

Minggu, 14/02/2021 21:30 WIB

mobilinanews  (Spanyol) - Kalau Joan Mir bisa menjadi juara dunia 2020 maka peluang Alex Rins juga harusnya sama besar. Pastinya kedua joki tim Suzuki ini kudu saling mengalahkan lebih dulu sebelum mengalahkan pembalap tim lain.

Optimisme Rins tak hanya didongkrak oleh sukses rekan satu timnya itu, tapi lebih karena peraturan tahun ini yang merupakan kelanjutan dari peraturan teknis 2020. Tak ada pengembangan mesin yang radikal.

Jika mengacu pada musim 2020 maka Suzuki GSX-RR sudah pada level kompetitif melawan pabrikan lain macam Honda, Yamaha, Ducati dan KTM yang mulai melejit.

"Itu menguntungkan kami. Keungguan teknis tahun lalu bisa kami pertahankan sembari membenahi sisi lain yang melemahkan, misalnya elektronik untuk menyetel motor," kata Rins yang menyebut satu-satunya kekurangan motornya tahun lalu adalah performa di sesi kualifikasi sehingga selalu gagal mendapatkan posisi start di depan.

"Itu masalah krusial yang harus kami tanggulangi," imbuh rider Spanyol itu yang justru hampir selalu menyelesaikan balapan lebih daari posisi start-nya.

Jika performa GSX-RR sudah membaik di kualifikasi maka dengan sendirinya peluang finish lebih baik saat race juga semakin terbuka. Musim lalu ia meraih 4 podium dan 1 di antaranya menjadi juara. Ia duduki peringkat 3 klasemen akhir di bawah Mir dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha Srt).

"Persaingan tahun ini kurang lebih akan sama dengan tahun lalu. Semua orang pakai motor yang sama. Kami diuntungkan karena basis mesin dan stabilitas yang sudah teruji."

Tak salah kalau Mir adalah sumber motivasinya sekaligus lawan utama yang harus ia kalahkan. Ia jujur mengakui tertekan melihat rekan satu timnya yang juara dunia, tapi mengubah tekanan itu menjadi hal yang positif.

"Ini tantangan yang bagus, karena di sisi saya ada juara dunia. Ia pasti ingin mempertahankan gelarnya tahun ini. Saya hanya perlu menghimpun semua bakat dan pengalaman saya. mari melihat apakah saya bisa mengalahkannya," tegas Rins yang sudah 4 musim membesut Suzuki sedangkan Mir baru dua tahun. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik