MotoGP 2021: Peran Ganda Bradl di Honda Mulai Jadi Masalah

Senin, 15/02/2021 11:52 WIB

mobilinanews  (Spanyol) - Sejatinya Stefan Bradl adalah test rider di Repsol Honda. Tapi ia juga jadi pembalap regular yang menggantikan Marc Marquez yang cidera.

Fungsi sama akan berangsung tahun ini. Sebagai tester dan rider, Bradl dinilai memiliki keuntungan yang tak dimilki tester lain.

Sebagai tester, Bradl punya hak melakukan tes di luar jadwal dengan motor spek terbaru. Itu yang terjadi saat tes di Sirkuit Jerez lalu. Ia menguji RC213V spek 2021 sementara pembalap lain hanya boleh gunakan motor besar versi jalanan. 

Ia juga direncanakan tampil pada sesi Shakedown Test di Qatar pada 5 Maret 2021. Sesi ini khusus buat para tester dan pembalap ruki.

Nah, sebagai pembalap pengganti Marquez, Bradl juga akan ikut sesi tes berikutnya di lokasi sama. Situasi itu yang tidak diperoleh pembalap atau tester lan. Dengan jumlah tes yang lebih dari yang lain jelas menguntungkan Honda.

"Honda tentu mendapat keuntungan dari peran ganda Bradl. Sebagai juara dunia mereka justru punya kesempatan tes seperti yang dimiliki tim pemilik konsesi. Ini tak adil bagi pabrikan lain," kata Team Principal Red Bull KTM Pit Beirer.

Karena itu ia merasa asosiasi produsen di MotoGP perlu membuat batasan jelas pada kasus seperti Bradl, yang menjadi tester tapi saat sama juga menjadi pembalap regular.

"Ini tidak mengarah kepada Stefan pribadi. Kami hanya ingin mendapat persamaan hak," tutur Beirer. 

Dan, itu jelas menjadi pekerjaan rumah buat FIM karena sebelumnya tak pernah terjadi kasus seperti keberadaan Bradl. (rnp)

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali