Pasta Ajaib Ini, Bisa Gantikan Bensin untuk Kendaraan

Selasa, 16/02/2021 05:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Inovasi teknologi dapat menghasilkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan efisien bagi kendaraan. Hal ini dilakukan oleh Organisasi penelitian Jerman Fraunhofer-Gesellschaft dengan penemuan berunya berupa Hydrogen Power Paspaste.

Powerpaste sendiri merupakan bahan bakar berbasis hidrogen yang memiliki kepadatan energi sepuluh kali lipat dari kepadatan baterai. Pasta lengket berwarna abu-abu ini, diklaim dapat menjadi bahan bakar masa depan.

Berdasarkan penelitian tersebut, Powerpaste berbahan magnesium hibrida ini jika dicampur dengan air dari tangki onboard akan menciptakan tenaga listrik turunan hidrogen yang bisa memberikan daya untuk mesin.

Pasta ini, melansir Visordown tidak mudah menguap sehingga jauh lebih aman. Ia hanya terurai pada suhu 250ºC sehingga dapat dengan nyaman disimpan di dalam tangki bahan bakar.

Kepadatan energinya sepuluh kali lipat dari baterai, dan akan memberikan daya untuk rentang yang sebanding bahkan berpotensi lebih besar dari bahan bakar bensin.

Pengisian ulangnya pun sangat sederhana karena, hanya dilakukan dengan memompa pasta ke dalam tangki dan kemudian mengisi tangki dengan air. Campuran ini akan berfungsi layaknya bensin.

Kabarnya Fraunhofer sementara membangun pabrik, yang akan memproduksi empat ton Powerpaste pertahun dan akan mulai beroperasi tahun ini.

Mereka yakin Powerpaste akan menjadi bahan bakar masa depan dan bisa dikembangkan untuk tenaga baterai listrik. (Elk)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan