MotoGP 2021: Oliveira pun Yakin Bisa Juara Dunia Tahun Ini

Sabtu, 20/02/2021 22:31 WIB

mobilinanews (Portugal) - Dua kemenangan tahun lalu membuat Miguel Oliveira merasa yakin ikut tarung berebut gelar MotoGP tahun ini. Apalagi ia kini di bawah bendera tim pabrikan KTM.

Masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan masih tanpa kehadiran Marc Marquez, atmosfer kompetisi MotoGP tahun ini diperkirakan tak banyak berubah dari tahun lalu. Siapa pun bisa meraih kemenangan dan bersaing berebut gelar. Tak ada pembalap dalam status favorit juara.

Atas dasar itu Oliveira berani menempatkan diri sebagai salah satu kandidat tahun ini. Membesut RC16 milik tim pabrikan KTM, rider asal Portugal ini punya bekal statistik dari tahun lalu.

Di mana KTM tanpa terduga sama sekali sukses meraih 8 podium, 3 di antaranya berupa kemenangan. Dari 3 itu 2 diraih Oliveira yang tahun lalu gabung di tim satelit KTM Tech3.

"Tahun lalu saya masuk kompetisi dengan kondisi fisik tak sepenuhnya bugar akibat cidera bahu yang penyembuhannya lamban. Saat sama motor kami dianggap underdog. Kini berbeda. Saya dalam kondisi prima, siap mental dan punya kepercayaan diri," tegasnya.

Jika tahun lalu muncul 9 juara berbeda dalam 14 race, tahun ini pun hal serupa bisa terjadi. Karena itu sangat penting kompetitif sejak awal dan selanjutnya konsisten meraih poin.

"Joan Mir menjadi juara dunia 2020 meski hanya sekali meraih kemenangan, tapi ia paling konsisten meraih poin. Ini jadi pedoman, terlebih karena sama sekali tak ada kepastian apakah seluruh seri tahun ini bisa dilangsungkan atau tidak," imbuhnya.

Oliveira yakin sudah memiliki persyaratan yang dibutuhkan untuk ikut berebut gelar. Tinggal satu hal yang harus ia tingkatkan, yakni catatan waktu kualifikasi agar bisa mendapat posisi start lebih strategis.

"Sektor ini yang harus kami kembangkan. Saya sungguh berharap KTM tak hanya kompetitif di raceday tapi juga kualifikasi."

Oliveira naik ke tim pabrikan KTM menggantikan Pol Espargaro yang hijrah ke tim Repsol Honda. Ia duet dengan Brad Binder yang tahun lalu meraih 1 kemenangan buat KTM.

Menurut Team Principal KTM Pit Beirer, pengembangan RC16 2021 sepenuhnya berbasiskan spek 2020 yang sudah terbukti mampu bersaing. Memang ada perubahan di banyak bagian, tapi sifatnya hanya upaya perbaikan.

"Tak ada perubahan radikal. Kami hanya mencoba mengatasi kelemahan yang ada tahun lalu. Anda tak perlu mengubah hal yang sudah bagus," kata Beirer yang pastinya mendorong para pembalapnya untuk ikut membidik gelar tahun ini. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo