Jalan Sudirman Banjir, Anies : Kalau Hujan Di Puncak Reda Insyaallah Lebih Terkendali!

Sabtu, 20/02/2021 22:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memantau genangan di Jalan Sudirman dekat Pintu Air Sudirman Atmaja, Jakarta Pusat akibat hujan deras dengan durasi cukup lama terjadi sejak Sabtu (20/2/2021) dini hari.

Anies mengungkapkan penyebab banjir di sisi Jalan Sudirman dikarenakan luapan air Kali Krukut. Bukan hanya di Jalan Sudirman, luapan Kali Krukut juga menyebabkan genangan di Jalan Kemang, Jalan Widya Chandra hingga Jalan Tendean.

Luapan Kali Krukut, kata Anies, menampung pertambahan debit air dari hujan lokal dari kawasan Depok, Jawa Barat.

“Jadi curah hujan yang terjadi di kawasan hulu Kali Krukut yang melintang melintasi Jalan Jenderal Sudirman. Di hulunya terjadi curah hujan yang sangat tinggi tercatat 136 mm/hari. Kemudian lintas airnya melewati dua sungai, satu kali Mampang dan dua Kali Krukut. Kedua aliran kali itu bertemu di belakang LIPI. Lalu mengalir ke Sudirman. Jadi saat ini adalah dampak dari air kiriman dari kawasan tengah sekitar Depok,” papar Anies seperti dikutip dari situs PPID Pemprov DKI Jakarta.

Biasanya, lanjut Anies, kalau hujannya di pegunungan daerah Bogor, airnya akan lewat Kali Ciliwung. Tapi kalau terjadi hujan deras di kawasan tengah (sekitar Depok) maka lewat ke sungai aliran tengah, yakni kali Krukut.

Anies menambahkan, seluruh jajaran Pemprov DKI telah melakukan upaya membersihkan sampah di aliran sungai dan mengerahkan pompa mobile di kawasan Sudirman maupun di Kemang.

“Sesudah ini air akan mengalir ke Banjir Kanal Barat. Banjir Kanal Barat permukaan airnya masih tinggi. Karena air dari Sungai Ciliwung masih mengalir masuk ke kota," kata Anies.

Belakangan ini hujan di Jakarta mulai sore, dan masih menerima aliran dari kawasan Selatan. Itu Depok maupun Puncak. Kalau itu sudah reda Insyaallah lebih terkendali. (hilary)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo