Serius Urus Motor Listrik, Yamaha Patenkan Dua Nama untuk Skuter Baru

Senin, 22/02/2021 14:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Yamaha tak ingin ketinggalan dalam pengembangan motor listrik. Sejak beberapa tahun lalu ia telah mengembangkan motor dengan teknologi Artificial Intelegence (AI) dan berbagai model lainnya.

Raksasa otomotif asal Jepang ini semakin terlihat serius pada ajang Tokyo Motor Show 2019 lalu. Secara terang-terangan, mereka mematenkan nama-nama beken seperti E01 dan EC-05, yang disiapkan untuk nama calon motor listrik baru mereka nantinya.

Kabarnya dari dua model baru motor listrik tersebut, E01 telah berhasil melewati tahap konsep sehingga bisa meluncur kapan saja, mengutip Visordown beberapa waktu lalu. Pengembangan ini menguatkan adanya berita bahwa Yamaha akan menggunakan nama E01 yang rencananya dirilis 17 Mei mendatang.

Paten Yamaha atas nama tersebut, merupakan langkah majunya agar melindungi produknya dari pencaplokan nama maupun desain yang bisa saja terjadi saat jelang peluncuran atau setelahnya. Tak hanya itu, mereka juga mengajukan hak kekayaa intelektual untuk lebih melindungi skuter masa depannya.

Skuter Yamaha E01 memiliki tenaga yang setara dengan motor konvensional bermesin pembakaran 125cc. Motor ini menawarkan manfaat listrik yang khas dengan pengisian ulang daya listrik di rumah serta perawatan dan pemeliharaan yang sederhana.

Sebagai kuda besi masa depan, pengembangan teknologi tak hanya pada motor. Bahan bakarnya pun akan lebih maju karena menggunakan Hydrogen Powerpaste goop yang bisa memberikan daya secara instan pada mesin motor listrik tersebut.

Prinsip dasarnya adalah menukar baterai kosong dengan baterai yang terisi penuh pada titik pengisian, dengan memberikan pengisian penuh instan dan membiarkan baterai kosong diisi untuk penggunaan berikutnya.

Sistem baterai dengan Hydrogen Powerpaste ini sudah berjalan di Taiwan, sehingga Yamaha berencana akan menggunakan sistem yang sama di kota-kota Eropa yang menjadi tujuan pemasarannya khususnya di Inggris. (elk)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas