F1 2021: Kode C41 Tim Alfa Romeo Meluncur, Edisi Perpisahan di Akhir Musim?

Senin, 22/02/2021 21:20 WIB

mobilinanews (Polandia) - Dari Warsawa, Polandia, tim Alfa Romeo meluncurkan besutan anyar ke musim kompetisi 2021 dengan kode C41.

Namun yang jadi tuan rumah justru pembalap cadangan sekaligus tester Robert Kubica yang berjasa bawa sponsor utama tim, Orlen.

Pembalap regular Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi mendampingi Kubica dalam acara launching. Seperti biasa dalam acara seremonial macam begini, kedua pembalap menyambut antusias besutan barunya. Sembari berharap lebih kompetitif dibanding dengan mobil tahun lalu.

Musim lalu, Alfa Romeo menempati peringkat 8 klasemen dari 10 konstruktor F1 dengan perolehan hanya 8 poin. Dengan regulasi pembatasan pengembangan teknis ke musim 2021 maka bisa diprediksi daya saing tim Italia juga tak jauh dari posisi tahun lalu.

Livery mobil bermesin Ferrari itu secara kasat mata tampak sama dengan tahun lalu, penggunaan skema warna putih dan merah yang kental. 

Dari tampilan teknis, C41 mendesain ulang moncong mobilnya sekaligus sayap depan. Lebih ramping dari sebelumnya.

Aero kit baru ini diharapkan Raikkonen dan Giovinazzi bisa menambah kecepatan C41 sekitar sepersepuluh detik dari mobilt ahun lalu. Bagian belakang juga ikut dimodifikasi menyesuaikan ukuran lantai mobil sesuai regulasi 2021.

"Pekerjaan besar berikutnya menanti saat tes pra musim di Bahrain, bagaiman ban baru (Pirelli) akan bekerja," kata Direktur Teknik Alfa Rome Jan Monchaux saat peluncuran.

Raikkonen sang juara dunia 2007 bersama Ferrari bisa jadi akan pensiun di akhir musim 2021.

Sebenarnya ia sudah siap mundur akhir tahun lalu, tapi tim memintanya lanjut satu musim lagi. Itu sebabnya pembalap Finlandia itu ingin C41 bisa tampil lebih bagus agar ia bisa keluar gelanggang dengan perasaan nyaman.

C41 juga bisa berpotensi jadi edisi perpisahan Alfa Romeo dengan F1 di ujung tahun 2021. Pasalnya, kerja sama dengan pemilik tim asli, Sauber, akan berakhir dan belum ada tanda-tanda pembaruan.

Gosipnya, Alfa Romeo sudah memikirkan opsi hengkang ke ajang balap Formula E pada 2022 jika tak ada peluang bertahan atau meningkatkan prestasi di F1. (rnp)

 

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan