Ingin AC Tetap Sehat di Musim Hujan, Perhatikan Komponen Ini

Rabu, 24/02/2021 02:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Air Conditioner (AC) merupakan salah satu komponen mobil yang memberikan rasa nyaman saat berkendara. Jika AC tidak bekerja baik tentu mengganggu pengguna mobil. Apalagi terjadi saat cuaca panas.

Part yang mendukung AC agar mengalirkan udara yang sejuk, sehat dan bersih adalah evaporator. Jika bagian ini bermasalah maka udara yang terhirup saat berkendara adalah udara yang kotor dan tidak sehat

Bagaimana cara kerjanya? komponen evaporator akan mengalami pengkabutan di area ekspansi atau disebut dengan katup ekspansi. Pengkabutan membentuk udara bersuhu dingin.

Hembusan pada blower nantinya akan melewati bagian sisi evaporator serta akan membuat udara dingin keluar dan membuat kabin mobil terasa lebih sejuk.

Pada musim hujan, pendukung penyejuk mobil ini harus mendapat perhatian lebih. Keadaan udara yang lembab dapat membuat evaporator mobil menjadi berlendir hingga keropos dan mengalami kebocoran.

Owner Dokter Mobil, Ko Lung Lung menjelaskan bahwa evoporator seringkali mengalami masalah karena bau, berlendir dan bocor. Pada tingkatan ini, dapat dipastikan sirkulasi udara bersih dalam mobil akan terganggu.

“Pada musim hujan seperti sekarang evaporator dapat menjadi lembab kemudian berlendir dan menyebabkan sumbatan sehingga AC tidak dingin, kebocoran pada evaporator juga dapat disebabkan karena kotoran dan lendir yang sudah menumpuk hingga mengakibatkan korosi lalu timbul kebocoran," kata Ko Lung Lung.

Sebetulnya masalah evaporator ini dapat terjadi kapan saja, dan jika bermasalah maka akan berpengaruh terhadap kinerja AC itu sendiri. Salah satu akibatnya, udara yang dikeluarkan AC menjadi tidak dingin.

Idealnya, evaporator dibersihkan setiap dua hingga tiga bulan sekali atau sesuai penggunaan setiap 20.000 km. Namun Ko Lung Lung menyarankan disaat pandemi seperti saat ini untuk membersihkan evaporator satu bulan sekali untuk mencegah bakteri dan virus yang menempel.

“Untuk perawatan atau cuci evaporator saat pandemi seperti sekarang saya sarankan satu bulan sekali, dan kalau bisa sekaligus di semprotkan desinfektan agar terbebas dari kotoran maupun virus sehingga udara yang dihirup juga bersih dan sehat," terangnya. (Elk)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas