F1 2021: Ini Penantang Mercedes Paling Serius, RB16B Besutan Max Verstappen

Selasa, 23/02/2021 22:18 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tahun ini Red Bull sangat berambisi mengakhiri dominasi Mercedes di F1. Saat sama, Max Verstappen juga mengusung target ambisius menantang dan mengalahkan Lewis Hamilton di kejuaraan dunia pembalap. RB16B yang akan menentukan semuanya.

Hari ini, Selasa (23/2/2021), Red Bull sudah membuka selubung penutup besutan 2021 mereka, RB16B yang merupakan lanjutan pengembangan dari versi RB16 tahun lalu.

Dari foto-foto yang beredar memang tak tampak perubahan mencolok dari kedua type. Perbedaaan besar hanya terdapat di bagian belakang.

Tapi, itu juga terjadi pada mobil tim lain karena regulasi 2021 mengharuskan floor bagian belakang lebih ramping. Kosekuensinya bargeboards dan suspensi belakang juga berbeda dari seri terdahulu. 

Tampak depan RB16B juga tak ada perubahan signifikan meski desain moncongnya sedikit berubah namun strukturnya yang sempit tetap dipertahankan. 

Seperti sebelumnya disebut Team Principal Red Bull Christian Horner, memang tak ada perubahan radikal pada mobil 2021. Ini lebih merupakan kelanjutan pengembangan spek RB16 2020. Mempertahankan sektor yang jadi kekuatan tahun lalu dan berusaha memodifikasi beberapa bagian yang jadi keluhan Verstappen di lintasan.

"Kami belajar banyak dari musim 2020. Tantangannya adalah menemukan solusi dari kelemahan yang ada dan menerapkannya pada mobil baru," kata Horner.

Livery juga tak banyak berubah. Aston Martin tak lagi tampak dalam tim ini karena menjadi tim tersendiri pada 2021.

Tapi ada sponsor baru yang akan melekat pada RB16B yang diyakini adalah bawaan pembalap baru Red Bull Sergio Perez. Sang sponsor adalah raja telekomuniksi Amerika Latin, America Movil. Itu adalah induk usaha A1, Telcel, Infinium dan Claro yang selama ini menjadi sponsor Perez.

Kehadiran mobil baru Red Bull tahun ini memanglebih menyedot perhatian dari sebelumnya, tak lain karena rivalitas yang diperkirakan bakal lebih sengit melawan Mercedes.

Honda yang digunakan Red Bull juga akan mengakhiri kiprah di F1 pada akhir 2021, dan karena itu akan berusaha pol-polan mendukung Verstappen merebut gelar dunia.

Terkait Verstappen, mobil ini juga jadi penentuan masa depannya di Red Bull. Meski dikontrak hingga akhir 2023, ia punya klausul kebebasan putuskan kontrak jika merasa tak kompetitif tahun ini.

Ini pun juga dikaitkan dengan kemungkinan Hamilton pensiun akhir tahun ini (perpanjangan kontrak hanya setahun di Mercedes) dan calon penggantinya adalah Verstappen (jika hengkang dari Red Bull).

"Cara satu-satunya untuk melindungi Max adalah memberinya mobil kompetitif," tegas Horner.

Apakah itu RB16B? Potensinya akan tampak pada sesi tes bulan depan sekaligus seri pembuka di GP Bahrain. (rnp)

 

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan