WRC 2021 Rally Arctic: Hyundai dan Toyota Bersaing Ketat!

Kamis, 25/02/2021 21:26 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Sangat jelas dan tegas perintah bos Hyundai Motorsport Andrea Adamo kepada seluruh jajarannya menuju Rally Arctic pada 26-28 Februari 2021. Tak ada kata atau cerita lain kecuali meraja di event 3 hari itu dan pulang dengan kemenangan.

Kemarahan Adamo atas hasil minor di Monte Carlo rupanya masih tersisa. Baru satu seri itu saja kejuaraan dunia reli 2021 berlangsung, tapi tim Hyundai sudah kalah 22 poin dari tim Toyota di kejuaraan dunia konstruktor.

Di klasemen pereli pun, Toyota menempati posisi 1 dan 2 lewat Seabstien Ogier dan Elfyn Evans. Pereli Hyundai Thierry Neuville berada di urutan 3. Yang parah adalah Ott Tanak yang DNF dan gagal memetik poin.

"Bukan rahasia lagi kalau musim 2021 kami lalui sama sekali tidak seperti rencana di Monte Carlo. Rally Arctic adalah kesempatan untuk memperbaikinya. Pereli kami sudah pengalaman di lintasan salju, dan saya tahu mereka punya kecepatan dan kemampuan di medan sulit ini," katanya.

Ia akui Arctic yang baru kali ini masuk serial WRC adalah medan yang sulit dan penuh tantangan. Itu akan mengasyikkan buat para pereli. Namun Adamo mengingatkan skuadnya kalau tim datang ke sana bukan untk menikmati tantangan, tapi untuk meraih kemenangan.

Untuk itu Hyundai telah mempersiapkan diri dengan cara banyak beruji coba di sekitar lokasi reli. Khusus buat Tanak dan Neuville juga diikutkan dalam kejuaraan di Estonia baru-baru ini tak lain sebagai ajang uji coba menju Arctic. Keduanya finish 1-2 di event yang juga bersalju itu.

"Selalu ada cara untuk mencoba membuat segalanya jadi lebih baik. Saya sulit untuk mengatakan puas dengan persiapan kami. Yang pasti, komitmen dan tugas kami dalam kejuaraan ini adalah meraih kemenangan," tandasnya,

Itu target yang wajar buat Tanak sebagai juara dunia WRC 2019 dan Neuville yang sudah banyak pengalaman dilevel atas WRC. Susahnya, khusus di Arctic ini, mereka tak hanya menghadapi duet Ogier dan Evans.

Pereli ketiga Toyota, Kalle Rovanperra, pun bisa jadi sandungan anak-anak Hyundai. Pereli belia tuan rumah Finlandia itu bahkan bertekad meraih kemenangan WRC perdananya di Arctic ini, di kampung halaman sendiri di mana ia sudah paham betul karakter lintasannya dan tahun lalu juara di sana pada level kejurnas. 

Perintah Adamo pastinya bukan beban bagi pereli sekelas Tanak dan Neuville. Yang jadi pertanyaan, seberapa besar mereka bisa merapatkan jarak poin dengan Toyota yang sudah defisit 22 angka? (rnp)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas