Berkendara Wisata Ke Pantai Carita Lewat Pandeglang, Banten

Senin, 26/10/2015 13:42 WIB

mobilinanews (Banten) - Menuju kawasan wisata Pantai Carita di Banten via Cilegon dan Anyer punya kasus yang sama sejak lama, yaitu jalanan rusak dan kemacetan di beberapa titik jalan selepas pintu tol Cilegon. Terlebih di akhir pekan.

Sudah pernah coba rute lewat Serang, Pandeglang menuju Lebak dan Carita? Berikut pengalaman mobilinanews selama dua hari satu malam, 24 - 25 Oktober 2015.

Rute selepas pintu tol Serang Timur, mobilinanews mengandalkan aplikasi Waze di smartphone, walaupun kali ini akurasinya tidak 100% tapi cukup membantu.

Dari Serang Timur menuju Pandeglang, Anda akan melintasi rute antar dua kota dengan kondisi jalan mulus dan lalu lintas yang ramai lancar. Untuk panduan antar dua kota ini, aplikasi Waze di smartphone kami masig akurat.

Setibanya di Pandeglang, khususnya selepas kawasan alun-alun, aplikasi Waze gagal memandu kami ke arah Pantai Carita. Beruntung panduan informasi di papan jalan cukup banyak mengarahkan.

Dari arah Pandeglang menuju Lebak, kondisi jalan cukup mulus diwarnai beberapa kawasan perkebunan, dengan beberapa tikungan tajam. Harap tetap hati-hati dan fokus selama mengemudi.

Di sini, kami mencatat beberapa bentuk rintangan dan tips antisipasinya:

1. Angkot dengan profil lampu belakang gelap, dan umumnya tidak ada memberikan lampu sein serta berhenti tiba-tiba. Tips antisipasi tetap jaga jarak aman dan waspada dengan kondisi lalu lintas.

2. Kondisi jalan tidak terlalu lebar, tapi cukup untuk dua mobil yang berlawanan arah. Tips antisipasi jaga ritme kecepatan kendaraan, sehingga cukup sigap saat melakukan pengereman atau manuver mendahului.

3. Mobil-mobil lawan arah banyak yang melaju kencang dan mengambil lajur berlawanan. Ini salah satu tantangan utama di jalur Pandeglang - Lebak. Tips antisipasi, Anda bisa memberikan isyarat lampu dim dan klakson untuk hal ini, sembari menurunkan laju kecepatan kendaraan.

4. Orang-orang menyeberang jalan tiba-tiba. Beberapa kali kami menemui beberapa penyeberang jalan yang kurang waspada. Tips antisipasi jaga kecepatan mobil dalam batas aman, khususnya saat melintasi kawasan pemukiman penduduk.

5. Pengemudi motor. Di rute ini, ada banyak pengemudi motor berkeluarga (suami, istri dan satu atau dua orang anak kecil) tanpa menggunakan helm. Tips antisipasi Anda harus bisa melatih kepekaan indera keenam untuk bisa memprediksi gerak kendaraan mereka.

Terlepas dari lima tantangan di atas, menurut kami rute ini lebih nyaman dilalui, khususnya dengan pertimbangan menghindari kemacetan akut dan jalan rusak di rute Cilegon - Anyer.

Dari kawasan Pantai Carita menuju pintu tol Serang Timur, kami mencatat waktu perjalanan sekitar 2,5 jam. Itupun sudah termasuk istirahat makan siang dan ibadah shalat di masjid.

Semoga bermanfaat

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik