Mosi Tidak Percaya, 27 Klub IMI Kalsel Minta Musprov Dipercepat!

Kamis, 11/03/2021 17:25 WIB

mobilinanews (Banjarmasin) - IMI itu memang seksi dan menarik. Jangan heran jika banyak yang tertarik dan naksir. Dan, posisi Ketua Umum IMI baik di pusat, maupun provinsi selalu menjadi rebutan setiap kali musim Musyawarah Provinsi (Musprov) IMI tiba.

Seperti cerita kisruh IMI Provinsi Jawa Tengah, yang kemudian tertangani dengan IMI Pusat “menurunkan” M Riyanto (Waketum Organisasi  IMI Pusat) sebagai  PLT (Pelaksana Tugas) Ketua Umum IMI Jateng. Solusinya, dengan telah menetapkan Musprov pada 10 April 2021, kini muncul case serupa tapi tidak sama di Kalimantan Selatan.

Hari-hari ini, IMI Kalsel yang diketuai Ir Edy Sudarmadi lagi dalam tensi panas. Itu karena 27-30 klub yang dikomandani Effendy Blegur (klub RMC) yang mengklaim sebagai klub mayoritas menuntut pelaksanaan Musprov.

Tuntutan itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, pelaksanaan Musprov tersebut telah diputuskan pada Rapat Pleno pengurus IMI Kalsel pada 15 Januari 2021. Dalam Pleno tersebut, bahkan telah disepakati terkait klub pemilik hak suara (total 43 klub), persyaratan dan seterusnya, mengejar masa kepengurusan IMI Kalsel yang berakhir Februari 2021.  

Sebelum Musprov terlaksana, terbit edaran dari Bidang Organisasi IMI Pusat pada 17 Februari 2021. Isinya : Periode kepengurusan IMI provinsi se-Indonesia diperpanjang dan selambatnya menggelar Musprov pada Desember 2022.  

Menanggapi edaran IMI Pusat tersebut, Ketum IMI Kalsel kemudian membubarkan panitia Musprov yang tengah bekerja mengejar deadline, secara sepihak. Padahal secara AD/ART IMI, keputusan Rapat Pleno bisa dibatalkan juga melalui Pleno. Edy berdalih menggunakan “hak prerogative” sebagai Ketum.   

Pembubaran panitia Musprov itu kontan memicu ketidakpuasan klub-klub, utamanya 27 klub yang kabarnya akan mengusung kandidat lain di luar Ketum yang sekarang.

“Kami menilai, ada dua alasan kenapa Musprov IMI Kalsel harus dipercepat. Pertama, memang rapat pleno telah menyepakati pelaksanaan Musprov. Yang kedua, roda organisasi IMI Kalsel dalam 4 tahun ini dinilai jalan di tempat, sehingga perlu regenerasi,” ujar Effendy Blegur, koordinator klub.

“Musprov perlu diadakan segera, untuk memilih pemimpin yang baru, karena kami menilai dalam 4 tahun kepengurusan yang sekarang tidak mengakomodir kegiatan klub anggota IMI Kalsel,” sambung Baihaqi Boboy dari klub SCOOT Racing Team.    

Mediasi telah coba dilakukan, namun menemui jalan buntu, sehingga kemudian Effendy Blegur cs mengirim Surat Permohonan Dilaksanakannya Musprov IMI Kalsel 2021 kepada Ketum IMI Kalsel dengan tembusan Ketum IMI Pusat dan Ketua KONI Kalsel, pada Senin (8/3/2021) kemarin.

Menanggapi tuntutan segera diadakan Musprov dan surat perwakilan klub, Edy Sudarmadi berdalih apa yang dilakukan mengacu surat edaran IMI Pusat yang memperpanjang kepengurusan IMI Provinsi paling lambat hingga Desember 2022.

“Mengacu surat edaran IMI Pusat tersebut, kami tidak terburu-buru untuk menggelar Musprov. Apalagi dalam setahun terakhir, akibat pandemic, tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan. Konsolidasi organisasi lebih penting,” ujar Edy.

Keterangan itu sekaligus merespon keinginan 27 klub di bawah Effendy Blegur yang sempat mengultimatum untuk dilangsungkan Musprov IMI Kalsel pada bulan April 2021.

Namun Effendy Blegur yang dalam kepengurusan IMI Kalsel sekarang sebagai Ketua Komisi Keanggotaan, bersama klub pendukung Musprov lainnya akan tetap maju dengan menggunakan mosi tidak percaya.   

Sementara itu, M Riyanto selaku Wakil Ketua Umum Organisasi IMI Pusat menjelaskan terkait edaran surat perpanjangan kepengurusan IMI Provinsi se-Indonesia, dengan salah satu alasan meningkatnya kasus Covid-19 di berbagai daerah dan mundurnya pelaksanaan PON Papua menjadi di Oktober 2021.

“Desember 2022 itu kan batas akhir. Namun kami tetap mempersilakan apabila mayoritas klub di daerah menginginkan Musprov, silakan ikuti prosedur pengajuannya kepada IMI Pusat,” ujar Riyanto.

Salah satu  IMI Provinsi yang mengajukan permohonan Musprov dan kemudian disetujui adalah IMI Provinsi DKI Jakarta. Dan, rencananya Musprov IMI DKI akan dilangsungkan April 2021 depan.

Wah, bakal seru nih. (tim mobilina)

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!