Raksasa Otomotif Jepang Siap Investasi Triliunan di Indonesia

Jum'at, 12/03/2021 15:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Lawatan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita ke Jepang menghasilkan penguatan investasi industri otomotif oleh merek raksasa otomotif Negeri Sakura.

“Pertemuan berjalan dengan baik dan membawa kabar gembira, karena beberapa perusahaan otomotif besar dan petrokimia menyatakan komitmen berinvestasi di Indonesia,” kata Agus melalui keterangan resminya, Kamis (11/3/2021).

Menperin menuturkan, dari pertemuan dengan prinsipal Honda Motor Company.Ltd, perusahaan tersebut berkomitmen menanamkan investasi sebesar Rp5,2 triliun.

Sementara itu, Suzuki Motor Corporation berencana menginvestasikan Rp1,2 triliun. Adapun Toyota Motor Corporation merealisasikan investasi yang sudah ada, yaitu sekitar Rp28 Triliun. Mitsubishi Motors Corporation menyampaikan rencananya untuk melakukan investasi senilai Rp11,2 triliun.

“Investasi Honda termasuk untuk pengembangan kendaraan model baru. Honda juga memiliki komitmen untuk ekspansi pengembangan ekspor komponen kendaraan yang diproduksi di Indonesia sebagai bagian global supply chain bagi sembilan negara, di antaranya, Malaysia, Vietnam, Thailand, Pakistan, Saudi Arabia dan Jepang sendiri,” sebut Menperin.

Dengan nilai investasi dari pemain-pemain utama otomotif di tanah air ini mengindikasikan dunia otomotif Indonesia, masih menjadi pasar utama untuk ketiga brand di atas sehingga industri ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah.

Dengan kemudahan investasi yang disiapkan pemerintah, para merek otomotif yakin pasar otomotif sangat potensial untuk mendukung kemajuan produksi dan pasar mereka secara global.(Elk)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas