Pasokan Microchip Tertunda, Pabrik Honda Meksiko Ikut Setop Produksi Mobil

Sabtu, 20/03/2021 10:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Masalah rantai pasokan perangkat lunak Honda untuk kawasan Amerika semakin meluas. Jika sebelumnya mereka menghentikan produksi di beberapa pabrik di Amerika dan Kanada. Kini Meksiko juga mengalami hal yang sama.

Jedah produksi Honda di fasilitas produksinya di Meksiko telah dimulai sejak, Jumat (18/3). Kabarnya Produsen mobil Jepang Honda Motor Co akan menghentikan sementara produksi di pabriknya di Meksiko karena masalah rantai pasokan yang sebagian terkait dengan gangguan pandemi, mengutip Rauters.

Juru bicara Honda mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa sejauh ini, mereka belum memutusan sampai kapan jeda produksi akan dilakukan mengingat penangguhan produksi mobil di pabrik Meksiko telah terkoordinasi untuk seluruh wilayah Amerika Utara.

"Kami terus mengelola sejumlah masalah rantai pasokan terkait dampak Covid-19. Kekurangan microchip, dan cuaca musim dingin yang parah dalam beberapa pekan terakhir menjadi alasan utama penundaan produksi," kata juru bicara unit Honda di Meksiko.

Masalah ini tentu akan sangat mempengaruhi target produksi dan pengiriman mobil Honda ke sejumlah negara yang mengandalkan basis produksi di Amerika, Kanada dan Meksiko. Sampai saat ini, Honda belum merinci model apa saja yang akan berhenti diproduksi terkait masalah tersebut.

Meksiko sebagai salah satu basis produksi otomotif dunia, kondisi ini tentu sangat mengganggu produkstifitas fasilitas produksi Honda. Kemungkinan masalah yang sama juga terjadi pada merek lain yang belum mengumumkannya.

Honda berharap kejadian ini akan segera teratasi karena berbagai negara yang menjadi sumber pemasok komponen perangkat lunak mulai mendapat vaksinasi, sehingga persoalan Covid-19 sebagai alasan utama dapat segera berakhir. Sembari menunggu kondisi cuaca yang lebih baik untuk distribusi komponen yang diperlukan. (Elk)

TERKINI
PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Chery OMODA E5 Punya Fitur Car Link O, Berikan Kenyamanan Lebih Pada Mobil! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik