MotoGP 2021: Semakin Jelas Langkah Marc Marquez Menuju Lintasan GP Qatar

Sabtu, 20/03/2021 15:08 WIB

mobilinanews (Portugal) - Tercapai sudah keinginan Marc Marquez mengaspal di Sirkuit Portimao, Portugal. Setelah di Barcelona, ia kembali menggeber RC213V-S/" style="text-decoration:none;color:red;">RC213V-S sebagai persiapan kembali ke atas RC213V andalannya. Jelas juga ia bukan sekadar tes dan piknik ke Portimao.

Untuk kali pertama Autodromo Internacional do Algarve di Portimao terpilih jadi penyelenggara MotoGP tahun lalu, pada 20-22 November 2020. Maraquez yang saat itu sedang cidera patah tulang tangan kanan akibat celaka di GP Andalusia 4 bulan sebelumnya, merasa sangat kecewa tak bisa mengaspal di sirkuit itu. 

"Karena lay out sirkuit itu sangat unik dan menantang. Terutama jalur menanjak dan menurunnya yang berbeda dengan trek lain," komentar Marquez soal sirkuit dengan berbagai fasilitas penunjang yang dibangun dengan biaya 250 juta USD itu.

Jumat (19/3) akhirnya ia dan rombongan kecilnya mencicipi trek sepanjang 4.592 km itu meski dengan motor RC213V-S/" style="text-decoration:none;color:red;">RC213V-S, versi motor besar Honda yang paling mendekati RC213V

Meski belum ada keterangan resmi, penampilan itu tak pelak lagi adalah upaya Marquez kembali ke grid MotoGP setelah 8 bulan menepi. Ia dan timnya ingin melihat potensinya turun di seri pembuka kompetisi 2021, GP Qatar pada 26-28 Maret 2021. Jika itu tak memungkinkan maka kesempatan berikutnya ada di GP Doha di sirkuit sama pada 4 April 2021.

Namanya sendiri sudah masuk daftar peserta di kedua event itu. Ia juga sudah menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 di Qatar dan akhir bulan nanti harus menerima suntikan kedua di tempat yang sama. Artinya, bisa atau tidak turun di seri pembuka maka Marquez tetap harus berada di Qatar pada saat penyelenggaraan.

Langkah tim Marquez memilih Portimao sebagai ajang latihan tentu bukan tanpa pemikiran teknis. Sirkuit itu jadi gelar GP Portigal, putaran ketiga kejuaraan MotoGP pada 16-18 April. Yang ia nuji di sini bukan hanya kekuatan tangan kanan dan fisiknya secara keseluruhan, tetapi juga mengumpulkan data awal untuk nantinya dicemplungkan ke motor versi RC213V-nya.

Kalaupun nantinya ia bisa turun di Qatar maka pastinya ia belum akan tampil segarang biasanya. Terlebih karena resikonya. Karena itu, bisa jadi, ia baru akan diizinkan tim gaspol pada seri Portimao untuk mendulang poin penuh. 

"Sedikit demi sedikit, kami tetap terus berjalan," komentar singkat Marquez soal aksinya di Portimao. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!