Akses Tol Nggak Perlu Ngetap Kartu, Cukup Pakai Stiker FLO

Senin, 22/03/2021 10:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Para pengguna jalan tol di kota-kota besar di Indonesia, kini bisa mengakses tol tanpa harus melakukan tap di gerbang tol dengan kartu e-toll. Mereka cukup menggunakan stiker bernama FLO yang dilengkapi dengan teknologi RFID (Radio Frequency Identification).

Inovasi ini merupakan langkah maju untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna tol yang kerap harus mengantri saat jam-jam sibuk dalam aktivitas harian.

Stiker FLO sendiri akan ditempel pada Headlamp mobil yang langsung bisa memberikan frekuensi pada mesin sensor gerbang tol, sehingga membuka pintu secara otomatis.

Dalam sebuah video yang beredar, nampak seorang petugas PT Jasa Marga memasang stiker FLO pada sebuah unit Mitsubishi Pajero, untuk memudahkan akses jalan tol.

Pemasangan stiker FLO pada Headlamp mobil, karena komponen ini merupakan satu-satunya bagian mobil yang tidak mengandung bahan logam dan metal yang akan mengganggu RFID.

Dalam penjelasan rinci, FLO merupakan sebuah solusi pembayaran berbasis voucher elektronik menggunakan teknologi RFID.

Untuk mengaktifkannya pengguna tinggal mendownload aplikasi FLO pada smartphone, sehingga bisa melakukan pembayaran tol melalui server yang terkoneksi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID).

Melansir berbagai sumber, dari stiker FLOW berbasis RFID ini akan terekam saldo transaksi pembayaran jalan tol yang dapat dimonitor via aplikasi FLO, sehingga penggunanya dapat melakukan pengecekan dan pembayaran sesuai keperluan, hanya melalui smartphone.

Dengan teknologi ini, pengelolaan akun, top up voucher, dan pengecekan riwayat setiap transaksi sangat mudah dilakukan melalui Aplikasi Let it Flo yang tersedia di Google Play dan AppStore.

Penggunaan stiker FLO ini dianggap jauh lebih efisien dibandingkan transaksi dengan uang tunai. Apalagi saat ini, banyak antrian terjadi di gerbang jalan tol ketika padat volume kendaraan, yang menyebabkan kemacetan di jalan yang bersentuhan dengan pintu tol.

Berdasarkan data Jasa Marga, sampai saat ini, perluasan uji coba terbatas FLO, tersedia di 50 titik di gerbang-gerbang tol di wilayah Jabotabek seperti Jalan Tol Dalam Kota, JORR, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Cikampek.

Ada pun 3 titik gerbang tol lain yang juga mengaplikasikan seperti Gardu tol Ngurah Rai, Nusa Dua, Benoa di Jalan Tol Bali Mandara. (Elk)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!