IIMS Virtual Phase 2 : Bisa Bikin Mobil Listrik, Mahasiswa Minta Support Brand Otomotif

Senin, 22/03/2021 20:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) - IIMS Virtual Phase 2 berkolaborasi dengan Formula E Student Indonesia ingin menjadi wadah bagi para mahasiswa di berbagai daerah untuk mengaplikaskan kemampuan dalam membangun mobil listrik dengan inovasi teknologi yang mereka temukan.

Founder Formula E Student Indonesia, Yanuar Anaba mengatakan gelaran kompetisi mobil listrik sedianya dihelat sejak 2020 lalu di pameran IIMS. Namun karena pandemi, harus mengurungkan niatnya menggelar kompetisi dalam format Formula E Student Indonesia.

"Sebenarnya kemarin di 2020 hampir berjalan Formula Electric Student di 2020 tapi karena pandemi, terpaksa kita tunda dan mudah-mudahan di IIMS 2021 ini bisa terlaksana," kata Yanuar dalam Talkshow IIMS Virtual Phase 2 bertajuk Perkembangan Kendaraan Listrik Dikalangan Pelajar, Senin (22/3/2021)

Yanuar menyampaikan sebenarnya para mahasiswa di berbagai kampus baik dari Jawa maupun luar Jawa telah mempersiapkan diri sejak 2019, sehingga ajang ini akan menjadi bagian dari penemuan inovasi-inovasi teknologi mahasiswa ke depan.

"Jadi kemarin di 2019 sudah ada 11 kampus yang daftar. Bukan hanya di Jawa tapi juga dari luar Jawa. Mereka sudah antusias dengan untuk ikut dalam kompetisi ini. Sampai hari ini, banyak kampus yang nanya kapan kompetisinya. Jadi mudah-mudahan bisa terlaksana tahun ini," bebernya.

Tujuan dari kompetisi Formula Electric Student ini, agar ada penemuan teknologi baru ditengah gencarnya pemerintah mengkampanyekan mobil listrik.

Selain itu, dengan wadah IIMS sebagai pameran otomotif, inovasi teknologi dari para mehasiswa dan pelajar bisa disupport oleh brand-brand mobil listrik di Tanah Air.

"Harapannya ke depan, ada yang baru lagi dari sisi teknologi, karena pemerintah sementara gencar-gencarnya mempromosikan mobil listrik dan brand mobil listrik juga mulai ada yang mau masuk. Jadi enviroment ini akan mendukung kita," tuturnya.

Selain itu, mereka mengharapkan agar produk-produk dalam bentuk inovasi mobil listrik yang dikembangkan dapat disupport oleh brand-brand mobil listrik yang sudah ada di Indonesia, sehingga risetnya bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Untuk diketahui, Yanuar yang merupakan Founder Formula E Student Indonesia, pada waktu mahasiswa di Universitas Islam Indonesia (UII) pernah bersama timnya membuat sebuah mobil listrik Formula berbentuk Gokart listrik yang didaulat menjadi juara pada event mobil listrik di Bandung pada tahun 2014. (Elk)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi