ETLE Mobile Siap Tindak Pengendara Lawan Arus Atau Pakai Bahu Jalan di Tol

Rabu, 24/03/2021 00:03 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mulai melakukan uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada akhir pekan ini, Sabtu (17/3) di daerah operasi Polda Metro Jaya.

Penindakan dalam uji coba ETLE Mobile, nantinya diarahkan pada pelanggaran yang bersifat umum dan dilakukan di titik-titik yang belum memiliki kamera ETLE.

"Untuk ETLE Mobile yang kita uji coba akhir pekan ini, kita lebih arahkan kepada mereka-mereka yang melakukan pelanggaran seperti pelanggaran kecepatan, pelanggaran lampu merah, pelanggaran berpindah lajur," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (23/3/2021)

"Pelanggaran-pelanggaran lainnya yang juga dilakukan untuk mereka yang melawan arus dan sebgainya. Itu (pelanggaran-red) akan kita rekam dengan ETLE Mobile di titik-titik yang memang belum ada kemera ETLE-nya," lanjutnya.

Selain itu, ETLE Mobile juga akan dimaksimalkan untuk pegawasan petugas dalam area tol, tanpa menindak pelanggar di tempat kejadian, karena perilaku pelanggaran akan direkam dan ditindaklanjuti dengan pengiriman surat tilang ke tempat yang bersangkutan.

Kalau selama ini anggota PJR di jalan Tola, ragu apakah harus melakukan penindakan atau melancarkan arus. Karena kalau ada penindakan pasti ada kemacetan.

"Nah dengan adanya ETLE Mobile, bagi masyarakat yang ingin menggunakan bahu jalan silahkan saja. Tidak akan ditindak saat itu, tapi nanti dalam satu dua hari surat cintanya nanti sampai ke sana," ujarnya

Dengan penggunaan perangkat ini, pengawasan diberbagai ruas jalan akan semakin mudah dan tidak mengganggu kelancaran lalu lintas karena penindakan akan dilakukan secara elektronik sesuai dengan mekanisme yang ada. (Elk)

TERKINI
Honda FL5 dan Hyundai N TCR Tim Delta Garage Diangkut Pesawat ke Malaysia, Oleh Perusahaan H Andy Surya Santosa Yang Perally Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia