F1 2021: Kompetisi Belum Bergulir, Bursa Pembalap 2022 Sudah Panas

Selasa, 23/03/2021 23:35 WIB

mobilinanews (Prancis) - Entah bagaimana perasaan Esteban Ocon saat ini. Kedatangan Fernando Alonso membuatnya jadi anak bawang di tim Alpine. Dan, sebelum kompetisi musim 2021 bergulir pekan ini, namanya malah sudah disebut-sebut terlempar dari Alpine di akhir musim.

Isu itu sudah panas jadi pembicaraan di komunitas paddock F1 di media sosial. Calon penggantinya disebut-sebut adalah Pierre Gasly yang asal Prancis seperti halnya Ocon.

Ya, driver Prancis memang sasaran tim yang tadinya bernama Renault itu, juga tim pabrikan Prancis. Dan, bukan rahasia lagi kalau Gasly adalah saran Renault sejak lama.

Di sisi lain, Gasly tampaknya kecewa berat dengan kebijakan Red Bull yang mengembalikannya ke tim junior AlphaTauri pada 2019 meski baru beberapa bulan jadi pendamping Max Verstappen.

Saat sukses meraih satu kemenangan pada musim 2020, ternyata Gasly sama sekali tak dilirik bos Red Bull Helmut Marko untuk bersaing masuk kembali ke Red Bull

Selain kans mempertahankan Alex Albon, tim Austria itu juga membuka peluang kepada pembalap luar untuk kali pertama menjadi driver Red Bull. Yang diincar Sergio Perez dan Nico Hulkenberg. Akhirnya Perez yang terpilih jadi pendamping Max Verstappen di musim ini.

"Itu membuat Gasly berpikir tak mungkin lagi masuk Red Bull untuk mewujudkan cita-citanya jadi juara dunia. Alpine jadi pilihan karena tim Prancis ini punya ambisi besar kembali ke puncak F1 dengan bantuan Alonso," kata isu yang beredar tanpa diketahui siapa yang memulainya.

Selain Gasly, ada tiga pembalap junior binaan Renault yang menunggu jatah kursi musim 2022. Adalah Guanyu Zho, Christian Lungaarddan Oscar Piastri. Tapi, peluang ketiganya dinilai tipis dengan hadirnya Gasly yang terbukti tampil mumpuni bersama tim AlphaTauri.

Itu memang baru sebatas rumor karena dari pihak berkompeten jelas tak bisa dikonfirmasi. Tapi, wartawan peliput khusus F1 asal Belanda, Louis Dekker, percaya kalau itu bukan isu.

"Sejak tahun lalu sudah ada pembicaraan Gasly dengan Renault, membuat Ocon tahun ini dalam tekanan," katanya seperti dikutip dari gpblog. (rnp)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman