MotoGP 2021 Doha: Punya Kuncian Baru, Joan Mir Siap Bawa Suzuki ke Podium

Rabu, 31/03/2021 20:13 WIB

mobilinanews (Qatar) - Juara dunia 2020 Joan Mir kembali tampilkan pesona seperti tahun lalu. Start dari grid tengah pelan tapi pasti akhirnya masuk zona podium. Itu juga yang akan ia lakukan pada GP Doha di Sirkuit Losail, Minggu (4 April 2021).

Ya, Mir harus angkat trofi perdananya di musim 2021 ini untuk perlancar proses dan perjuangan mempertahankan gelar. Pakn lalu di GP Qatar ia sudah tampil menawan sejak garis start tapi sedikit kesahalan membuatnya kehilangan posisi runner up.

Start dari grid 10, ia melaju sedikit demi sedikit ke baris depan. Akhirnya bisa mencapai posisi kedua di belakang Mavercik Vinales (Yamaha) yang akhirnya juara.

Sayang di detik-detik terkhir, GSX-RR besutan Mir melebar saat keluar dari tikungan terakhir. Itu membuat duo Ducati, Johann Zarco (Pramac Ducati) dan Francesco Bagnaia (Ducati) menyalipnya sembari adu sprint ke garis finish.

Mir harus puas turun ke posisi 4. Ia kehilangan 7 poin berharga hanya karena sebuah kesalahan kecil. Harusnya bawa pulang 20 angka jadi hanya 13.

"Itu sudah lewat. Sekarang saya fokus ke race pekan ini. Perkembangan terkini sangat positif. Saya kira paket yang saya miliki bakal lebih baik dari pekan lalu," tegasnya.

Sepertinya ia dan tim mekanik Suzuki sudah temeukan perbaikan setingan motor untuk serikedua lomba yang berlanngsung di trek sama dengan jumlah laps sama. 

"Perubahan ini saya yakini akan meningkatkan kecepatan dan kekuatan kami. Saya siap berjuang keras meraih podium. Saya memiliki semua yang dibutuhkan menuju podium dan saya tahu bagaimana caranya ke sana. Kita lihat saja akan seperti apa," tegasnya.

Keyakinan Mir sama besarnya dengan keyakinan Shinichi Sahara, Pemimpin Proyek dan Direktur Tim Suzuki. Ia mengaku puas dengan capaian dua pembalapnya di ronde pertama MotoGP 2021, Mir dan Alex Rins.

Meski puas, ia dan para mekanik Suzuki tetap berusaha mengembangkan kecepatan GSX-RR dengan membuka dan menganalisa semua data teknis pada race GP Qatar.

"Kami belajar dari balapan pekan lalu untuk peningkatan hasil pada akhir pekan ini," komentar Sahara.

Mir dan Sahara tak menyebut rinci sektor mana yang mengalami pengembangan pada GSX-RR 2021. Tapi, bisa diduga adalah peningkatan performa pada single lap, khususnya kualifikasi.

Mir dan Rins harus dapatkan posisi start lebih di depan agar hasilnya juga lebih bagus.

Kalau start dari urutan 10 saja Mir sudah bisa mencapai urutan dua di lap terakhr maka hasilnya juga tentu beda jika ia bisa dapat posisi start di baris dua atau 6 Besar. (rnp)

 

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060