Jimny Bisa Berkembang Jadi Mobil Keluarga di India

Kamis, 01/04/2021 15:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Suzuki Jimny yang selalu identik sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) mungil tiga pintu, ke depan dimungkinkan mengalami transformasi menjadi model lima pintu. Hal ini mulai terkuak ketika Jimny lima pintu di uji coba untuk pasar Eropa beberapa waktu lalu.

Penambahan panjang sumbu roda dengan tetap mempertahankan tradisi desainnya menjadi menarik karena bisa diproyeksikan sebagai mobil keluarga. Model inin tentu seksi karena memiliki jangkauan pasar yang besar di negara Asia. Versi inilah yang sementara diupayakan agar menopang Jimny di India.

Bila model ini masuk dalam proyeksi produksi Jimny di India, maka segmennya akan terus dikembangkan karena wheelbase yang panjang tadi, bisa mengisyaratkan pengembangan versi pick-up di tahun-tahun mendatang. Kemungkinan ini ditunjukan dengan hadirnya gambar rendering Jimny lima pintu yang mulai tersebar dan menjadi perhatian pecinta otomotif.

Terkait isu ini, Maruti Suzuki sedang melakukan evaluasi untuk pasar Jimny di Negeri Hindustan tersebut. Sebagai satu-satunya penghubung selain Jepang, yang menjadi tempat Jimny diproduksi, pabrik Maruti di Gurugram mungkin dapat memproduksi Jimny lima pintu di atas platform wheelbase yang panjang, karena minim perubahan, kecuali sasisnya.

Indianautoblog, Kamis (1/4) menyebutkan Jimny model lima pintu akan diposisikan sebagai penawaran praktis, bagi banyak negara berkembang. Bahkan cocok untuk pembeli yang selama ini doyan dengan mobil keluarga.

Kabarnya, meskipun model lima pintu akan duduk diatas jarak sumbu roda yang lebih panjang, namun tetap akan ditopang oleh sasis rangka tangga dan menggunakan penggerak empat roda dengan transfer jarak beban rendah.

Di Eropa Jimny lima pintu, tetap didukung oleh mesin bensin 105hp 1.5L K15B yang sama dengan di India. Mesin yang dipakai sama dengan mobil Maruti Suzuki lainnya seperti Vitara Brezza dan Ciaz. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan gearbox otomatis konverter torsi 4 percepatan. (Elk)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo