MotoGP 2021: Absen 9 Bulan, Ini Rencana Marc Marquez di Portimao

Selasa, 13/04/2021 22:01 WIB

mobilinanews (Portugal) - Banyak yang memperkirakan Marc Marquez bakal gaspol di raceday GP Portugal di Sirkuit Portimao akhir pekan ini. Itu kalau melihat temperamentalnya selama ini. 

Serangkaian sesi latihan pada Jumat (16 April 2021) hingga Sabtu (17/4) diperkirakan cukup buat Marquez untuk beradaptasi ulang dengan motor andalannya RC213V. Dengan demikian ia akan bisa bertarung di zona poin pada race Minggu (18/4). Kalaupun tak bisa ke podium maka finish 5 Besar sudah bagus bag rider tim Repsol Honda ini untuk mulai menabung poin. Agar masih bisa ikut tarung dalam perebutan gelar 2021.

Itu yang diperkirakan pihak luar beberapa hari ini dalam berbagai prediksi. Tapi, tentu saja Marquez yang tahu persis apa yang ia inginkan dalam come back ini.

"Yang paling utama adalah senang luar biasa karena bisa kembali ke MotoGP, ke tim saya dan motor saya. Untuk mencapai hal ini saya sudah bekerja sangat keras dengan setiap hari latihan di gym. Saya kembali untuk melakukan apa yang saya senangi," katanya ;ewat rilis resmi tim Repsol Honda.

Ia akui sebenarnya sudah merasa siap dan ingin tampil sejak seri GP Qatar lalu. Tapi, dokter yang merawatnya mersa tak bijaksana turun di Qatar sehingga diputuskan ia kembali mengaspal pada GP Portugal akhir pekan ini. Perjalanan rehabilitasi panjang usai kecelakaan di GP Spanyol 2020 membuat Marquez kini lebih menuruti apa kata dokter ketimbang apa kata hatinya.

Sirkuit Portimao baru menggelar ajang MotoGP sejka tahun lalu. Ia belum punya pengalaman balapan di situ. Yang ia miliki hanyalah sesi latihan dengan motor RC213V beberapa waktu lalu.

"Sangat sedikit pengalaman saya di Portimao. Tujuan saya pekan ini hanya melakukan pekerjaan dengan baik. Sedikit demi sedikit meningkatkan diri. Ini sebuah hal positif setalah absen demikian lama."

Maslaahnya adalah definisi bekerja dengan baik itu seperti apa? Cukup  mendapatkan poin di grup 5 Besar seperti target realistis yang diperkirakan pengamat? Atau hasil yang ia anggap baik adalah jika berada di podium pada akhir balapan?

Yang jelas karakter sirkuit Portimao cocok dengan Honda seperti diperlihatkan 4 joki Honda tahun lalu. Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Stefan Bradl (tester Honda yang gantikan Marquez) tampil apaik di ssi kualifikasi dengan hasil posisi start di 2nd row. Saat race juga positif karena 3 rider Honda berhsail finish di 10 Besar dan sepanjng balapan bisa bersaing di grup 5 Besar.

Mereka adalah Takaki Nakagami (LCR Honda) yang finish P5, Bradl (P7) dan Alex Marquez (Repsol Honda, P9).  Marquez akan berada di posisi mana, mari ditunggu! (rnp)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Menyelenggarakan Diskusi Inspiratif yang Membahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi