Bamsoet : Indonesia Akan Memiliki Dua Sirkuit Untuk F1 dan MotoGP!

Rabu, 14/04/2021 18:42 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo yang akrab dipanggil Bamsoet menjelaskan, melalui kejuaraan balap motor memperebutkan Piala Presiden tersebut, IMI sekaligus mendukung Sirkuit Internasional Sentul menjadi Pusat Olahraga Otomotif Indonesia.

Karenanya IMI juga mendorong pengembangan Sirkuit Internasional Sentul untuk melakukan renovasi total terhadap berbagai sarana dan prasarana. Sehingga bisa turut menyelenggarakan ajang bergengsi dunia seperti Formula 1, MotoGP serta WSBK.

"Sebagai negara besar dengan market pasar mencapai 270 juta lebih penduduk, Indonesia sangat pantas memiliki setidaknya dua sirkuit F1. IMI mendukung apa yang sedang dipikirkan oleh Presiden Joko Widodo untuk Sirkuit Internasional MotoGP Mandalika juga bisa dipakai untuk Formula 1. Dan ditambah satu lagi dengan membuat baru di Bali dengan menggandeng investor dari luar negeri," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menuturkan, IMI telah menyelenggarakan dua putaran kejuaraan nasional (Kejurnas) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Antara lain Kejuaraan Nasional Gokart yang dibuka pada 14 Maret 2021 di Sentul Internasional Karting Circuit, Bogor, dan Kejuaraan Nasional Sprint Rally yang dibuka pada 11 April 2021 di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Pandeglang.

"IMI saat ini menaungi sekitar 7.400 klub otomotif di seluruh Indonesia. IMI berkomitmen mengoptimalkan kolaborasi olahraga bermotor dan sektor pariwisata (sport tourism) untuk mendorong geliat pertumbuhan perekonomian nasional, melalui 1.419 event per tahun di seluruh Indonesia, baik mobil maupun sepeda motor dengan protokol kesehatan yang ketat,” lanjut Bamsoet.

Sepanjang 2021 ini, akan ada 50 kejuaraan balap motor tingkat nasional dan 2 kejuaraan balap motor tingkat internasional yaitu 2 putaran MXGP. Serta 56 kejuaraan balap mobil tingkat nasional dan 2 kejuaraan balap mobil tingkat internasional yaitu TCR Asia dan Asian Karting," papar Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, IMI juga telah mengembangkan Kejuaraan dan Akademi Digital Motorsport sejak 2019.

Bahkan pada tahun 2020, IMI menggelar kejuaraan Indonesia Digital Motorsport Championship memperebutkan Piala Ketua MPR RI berhadiah total senilai Rp 200 juta lebih.

"IMI juga telah membentuk Kontingen Indonesia untuk mengikuti FIA Motorsport Games 2021 yang dilaksanakan pada 29-31 Oktober 2021 di Sirkuit Paul Ricard & Marseilles, Prancis," terang Bamsoet. (bs)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman