Ikut Nongkrong di IIMS Hybrid 2021, Mobil Listrik Fin Komodo Sudah Bisa Dibeli

Senin, 19/04/2021 16:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Indonesia tak pernah kekurangan materi dalam berbagai inovasi. Tak hanya dalam bidang umum, pada sektor otomotif anak-anak Nusantara tak ketinggalan ide soal perkembangan mobil listrik yang lagi tren-trennya.

Salah satu produk mobil listrik asli Indonesia yang perlu dibanggakan adalah mobil listrik Fin Komodo yang ikut nongkrong di salah satu pojok pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Mobil listrik Fin Komodo tersebut adalah Komodo Bledhex.

Presiden Direktur Fin Komodo, Ibnu Susilo mengatakan mobil Komodo Bledhex patut dibanggakan karena menjadi karya anak bangsa yang dikembangkan secara mandiri. Bledhex menjadi catatan kemajuan tersendiri buat Fin Komodo.

"Komodo Bledhex ini asli dibuat dan dikembangkan di Indonesia. Semuanya kami produksi sendiri secara mandir. Mulai dari motor listrik manajemen sistem baterai yang dibuat mandiri. Hanya baterainya saja yang dibeli," kata Ibnu kepada pewarta beberapa waktu lalu.

Sebagai mobil listrik yang akan diproduksi massal, Fin Bledhex telah melakukan uji coba di jalan raya pada tahun 2019 dengan jarak tempuh yang mencapai 2 ribu Km. Pengujian star dari Labuan Bajo hingga finish di Jakarta.

Komodo Bledhex tidak hanya menjadi mobil onroad. Ia juga memiliki kemampuan jelajah di medan berat offroad. Pengetesan jalur offroad dilakuan di medan ekstrim di daerah Malang, Jawa Timur. Mengantongi dua hasil maksimal dalam pengujian mobil listik Fin Komodo sudah bisa dijual ke pasar.

Fin Bledhex menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 21 kWh. Dengan baterai tersebut, tenaga yang dihasilkan dari Fin Bledhex ini mencapai 24 kW atau setara 32,2 TK dan torsi 70 Nm.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sekitar 3 jam dari posisi 0 sampai 100 persen. Dengan baterai penuh, mobil dapat menempuh jarak sekitar 150 km di jalur off-road, dan 200 km di jalur on-road.

Saat ini mobil listrik Bledhex sudah bisa dibeli oleh masyarakat umum dengan kisaran harga antara Rp Rp 300 juta - Rp 350 juta. Sebagai mobil asli Indonesia, Fin Bledhex perlu mendapat perhatian dari pemerintah agar semakin maju di tengah kampanye mobil listrk oleh pemerintah. (Elk)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!