MotoGP 2021: BMW C5 CS Menanti Pembalap Terbaik di Kualifikasi

Rabu, 21/04/2021 18:42 WIB

mobilinanews (Jerman) - Untuk ke-19 kalinya BMW menyediakan satu unit kendaraan terbaru buat pembalap MotoGP terbaik di ajang kualifikasi. Untuk musim ini pabrikan Jerman itu menyediakan BMW C5 CS yang sudah jadi safety car sejak GP Qatar lalu. 

Membawa mesin V8 4,4 liter twin-turbocharged, seri C5 CS mampu hasilkan tenaga 627 HP dan torsi 553 lb-ft (750 Nm).

Itu yang memungkinkan sedan papan atas ini mampu berlari mencapai 96 km/jam hanya dalam tempo 2,9 detik. Top speed-nya 306 km/jam. 

CEO BMW M Markus Flasch menjelaskan M5 CS tidak hanya memiliki tenaga yang sedikit lebih besar dari pendahulunya, M5 Competition, tetapi juga lebih ringan berkat penggunaan serat karbon yang ekstensif.

Dibandingkan M5 Competition yang jadi dasar pengembangan seri M5 CS, type baru ini lebih ringan sekitar 104 kg.

"Sebagai mitra resmi MotoGP hampir dalam dua dekade terakhir, kami bangga setiap tahun memberikan mobil terbaik kami pada pembalap yang tercepat di kualifikasi. Kami menghormati mereka yang terbaik dengan hadiah yang spektakular," kata Flasch menyinggung BMW C5 CS yang dibanderol dengan harga seputar Rp 3 miliar itu.

Tahun lalu Fabio Quartararo menjadi poleman terbaik dengan ganjaran hadiah sebuah BMW C2 di akhir musim. Sebelumnya selama tujuh tahun berturut Marc Marquez menjadi pemenang.

Ia menjadi kolektor BMW dengan koleksi dua unit 6, M4, M2, M3 CS, M4 CS, dan M Competition X4M. 

Sementara ini dari 3 race musim 2021 yang sudah digelar, Quartararo memimpin klasemen perburuan BMW itu dengan poin 56. Disusul Johann Zarco (46), Francesco Bagnaia (40), jack Miller (37) dan Maverick Vinales (36). (rnp)

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo