WEC 2021 : Pakai Sasis Baru, Mobil Sean Gelael Masih Dicarikan Settingan Tepat

Rabu, 28/04/2021 16:31 WIB

mobilinanews (Belgia) - Tiga hari jelang round 1 Total 6 Hours of Spa-Franchorchamps FIA World Endurance Championship (WEC) 2021 di sirkuit Spa-Franchorchamps, Belgia, kendaraan tim JOTA Sport yang dikendarai pembalap Indonesia Sean Gelael belum menemukan settingan yang tepat.

"Baik untuk settingan qualify maupun race, belum ketemu. Jadi dalam official practice kemarin, Sean masih ketinggalan lumayan jauh dari peringkat 1 dan 2," ujar Ricardo Gelael, ayahanda Sean kepada mobilinanews.

Salah satunya karena mobil baru diganti dengan sasis baru. "Masih ada waktu dua hari untuk mencari settingan yang pas. Dan saat ini, tim tengah berjuang keras untuk itu," lanjutnya.

Pakai sasis baru, masih cari settingan yang tepat

Yang membuat Ricardo optimis, 3 pembalap berhasil mencetak waktu yang setara, dengan performance sama bagusnya.

"Baik Sean, Tom (Blomqvist) dan Stoffel (Vandoorne), mencetak kecepatan equal, bagus dan konsisten. Ini akan menjadi modal yang positif, karena WEC merupakan kejuaraan dunia, dan ketiga pembalap akan nyopir secara bergantian," terang Ricardo Gelael. 

Karena kejuaraan dunia itu pula, tingkat persaingan lebih tinggi dibanding Asian Le Mans Series (ALMS) yang dimenangi Sean Gelael cs pada Februari lalu di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, UEA. 

Kalau ALMS hanya 4 jam, di WEC minimal 6 jam seperti di putaran pembuka Spa-Franchorchamps ini. Di ALMS diikuti 6 mobil, di WEC pesertanya 14 mobil dengan tingkat kompetisi level dunia, seperti nama titelnya. 

Stoffel, Sean dan Tom bersiap ke Total 6 Hours of Spa-Franchorchamps

Untuk sementara, pembalap dan tim yang mencetak waktu tercepat pertama dan kedua dari Amerika Serikat dan Inggris. 

Dan, yang membuat level persaingan bakal ketat di ajang kejuaraan dunia balap mobil ketahanan ini karena juga diperkuat oleh beberapa pembalap F1 dan mantan F1. 

JOTA Sport sendiri menurunkan 2 tim yang salah satunya dengan skuad Sean, Tom dan Stoffel.  

"Kami menargetkan Sean cs bisa naik podium di round pembuka ini. Namun jika settingan mobil belum juga menemukan yang tepat, target realistis berebut P3 atau P4," pungkas Ricardo Gelael. (bs)

Jadwal balap :

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!