Disponsori Perusahaan Minyak Arab Saudi, Tim Milik Valentino Rossi Mengaspal di 2022

Rabu, 28/04/2021 20:32 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Nama Valentino Rossi masih laris sebagai bahan promosi. Buktinya, perusahaan minyak raksasa Arab Saudi, Aramco, kini menyatakan jadi titel sponsor tim milik The Doctor, VR46 Racing, di MotoGP 2022.

Selama ini Aramco jor-joran membelanjakan dana promosinya di ajang F1 dan bersaing dengan Petronas, perusahaan minyak Malaysia yang berkibar imejnya bersama tim Mercedes.

Sejalan dengan semakin kuatnya Petronas di MotoGP, rupanya Aramco juga tak mau tinggal diam. Mereka akan membangun tim dengan menggandeng Rossi yang ironisnya saat ini adalah pembalap tim Petronas Yamaha Srt.

Hal itu diungkap oleh Tanal Entertainment Sport & Media lewat rilis pada Rabu (28-4-2021) hari ini. Perusahaan yang jadi holding sejumlah usaha milik Pangeran Abdulazis bin Abdullah Al Suad itu menyebut sudah ikat kerjasama dengan VR46 di MotoGP pada 2022 hingga 2026. Juga tetap mengambil peran di Moto2 sebagaimana program VR46 saat ini.

Aramco akan jadi titel sponsor. Dan, kerjasama ini juga terkait dengan promosi khusus untuk proyek Saudi Vision 2030. Itu program nasional Arab Saudi untuk mengurangi ketergantungan dengan minyak dengan merambah bisnis dan investasi di berbagai sektor nonmigas.

VR46 sendiri belum berkomentar soal rilis Kanal Entertainment Sport & Media. Yang jelas sejak tahun lalu memang bukan rahasia lagi kalau The Doctor sudah siapkan tim di MotoGP mulai musim 2022 sebagai tim independent.

Yang jadi tanda tanya adalah motor apa yang akan mereka besut? Mulai musim ini VR46 lewat Luca Marini (adik Rossi) gabung dengan Avintia Ducati. Avintia sendiri akan keluar dari MotoGP pada akhir musim 2021. Itu membuat muncul spekulasi kalau VR46 yang akan mengisi slot yang ditinggalkan Avintia, tentunya dengan besutan Ducati.

Kabar santer lainnya adalah VR46 akan menjadi tim satelit Yamaha menggantikan posisi Petronas Yamaha Srt. Tim Malaysia ini sendiri dikabarkan bakal gabung dengan Suzuki

Sebelumnya juga ada indikasi Rossi ingin merapat ke Suzuki karena faktor Davide Brivio yang jadi sahabat kentalnya. Tapi, setelah Brivio hengkang ke ajang F1 jadi petinggi tim Alpine maka wacana ini seperti tenggelam dengan sendirinya.

Orang dekat Rossi, Uccio Salucci, pernah mengatakan belum ada kepastian motor apa yang akan digunakan tim milik Rossi. 

"Ada beberapa opsi. Tapi, semua orang tahu kalau hati kami bersama Yamaha," kata Salucci merujuk hubungan baik dan sangat panjang Yamaha dengan Rossi selama ini.

Dari pihak Yamaha sendiri, seperti dikatakan Direktur Pelaksana Lin Jarvis, kontrak Petronas Yamaha sebagai tim satleit akan berakhir pada 2021.

Apakah lanjut pada 2022 belum ada kepastian. karena itu, kata Jarvis, saat ini calon tim satelit mereka adalah tetap Petronas atau beralih ke VR46.

Musim 2021 masih panjang, Bisa jadi keputusan akan hal itu terjadi pada pertengahan musim nanti. (rnp)

 

TERKINI
Promo Menarik Gabung Member Honda VIP Card Platinum Plus Jadi Pilihan Konsumen, Claim Asuransi Hingga Rp 75 Juta MG Hadir di Ajang PEVS 2024, Tampilkan 3 Kendaraan Listrik Berpredikat Rating 5 Bintang dari Euro NCAP Mau Rasakan Sensasi Naik Motor Listrik Honda? Yuk, Jajal Langsung Aja di PEVS 2024 Terinspirasi dari Kartun dan Anime: Bus Trans Juragan 99 Diberi Nama-nama Lucu dan Unik