F1 2021: Awas, 3 Jebakan Track Limits di Portimao!

Jum'at, 30/04/2021 01:05 WIB

mobilinanews (Portugal) - Aturan track limit (batas lintasan yang tak boleh dilewati) masih penuh kontroversi. Tapi, di GP Portugal akhir pekan ini FIA justru membuat 3 track limits di Sirkuit Portimao, Portugal.

Aturan main yang acap jadi jebakan pembalap itu berada di T1, 4 dan 15. Setiap pelanggaran di area ini dengan sendirinya menghanguskan catatan waktu si pembalap pada laps tersebut.

Khusus untuk T15 yang merupakan tikungan terakhir, selain laps saat itu maka catatan waktu pada lap berikutnya juga dihapus. Sebab, jika melebar ke luar lintasan maka pembalap bersangkutan punya ruang lebih bagus saat berancang-ancang masuk trek lurus panjang menuju T1.

Ia diuntungkan dengan sedikit kecepatan. Ya, cuma sedikit, tapi waktu 0,2 detik saja bisa jadi penentu di F1.

Pada saat race, aturan track limit ini bisa berbahaya bagi pembalap. Konsekuensinya adalah peringatan ysng bisa disusul oleh hukuman waktu. Hukuman yang bisa mengubah posisi finish pembalap.

Aturan ini acap jadi kontroversial yang membuat Race Director F1 Michael Masi jadi bulan-bulanan kritik. Keputusan soal seorang pembalap diuntungkan atau tidak oleh pelanggaran itu acap dinilai subjektif. Belum lagi terjadi perbedaan pendapat antar stewards yang mengawasi lomba.

Dan, satu lagi, dalam duel sengit antara dua pembalap acap terjadi mobil melewati track limit bukan karena kesengajaan. Tapi, strategi pembalap yang berada di sisi dalam untuk menekan lawannya ke luar jalur. 

Kasus terakhir yang menyedot silang pendapat adalah duel ketat Max Verstappen (Red Bull Honda) melawan Lewis Hamilton (Mercedes) di GP Bahrain. Verstappen sukses menyalip lawannya, tapi kemudian menyerahkan kembali posisi terdepan kepada Hamilton.

Pasalnya, race control menyebut Verstappen melanggar track limits dan terancam pinalti 10 detik. Itu sebabnya tim perintahkan Verstappen mundur kembali dan setelah itu tak lagi punya kesempatan menyalip lawannya.

Benar bahwa pembalap Belanda itu memang melebar saat menelikung lawannya. Tapi, yang bikin ramai adalah fakta bahwa Hamilton juga beberapa kali langgar aturan itu tapi didiamkan saja oleh pengawas lomba.

Dengan keberadaan 3 tikungan dalam status track limit dalam laga GP Portugal pada Minggu (2/5/2021) tentu wajib bagi pembalap berhati-hati.

Hanya saja dalam pertarungan ketat wheel to wheel antar pembalap maka acap terjadi kasus yang tadi disebut, bahwa rivalnya memang digiring masuk area bahaya itu.

Diprediksi akan terulang rivalitas sengit antara Mercedes dengan Red Bull di Portimao. Juga duel ketat skuad Ferrari dengan McLaren, plus perang segi tiga antara Renault, AlphaTauri dan Aston Martin.

Menarik menunggu adakah di antara mereka yang kembali terjebak oleh track limit? (rnp)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman