Ini Kuartet Pembalap Yamaha Indonesia ke ARRC 2021

Jum'at, 30/04/2021 18:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menyambut kompetisi balapan musim 2021, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan formasi pembalap tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang akan berlaga di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2021.

Deretan racer terbaik YRI akan berupaya untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya di ajang bergengsi Asia tersebut.

Tercatat ada 4 pembalap YRI “Pejuang Semakin di Depan” yang bakal tampil di ARRC 2021 yaitu Aldi Satya Mahendra, Wahyu Nugroho, M.Faerozi dan Anggi Setiawan yang pernah dilatih langsung Valentino Rossi di VR46 Master Camp.

Di tahun ini, pembalap muda Aldi Satya Mahendra berkesempatan naik kelas dari Underbone 150cc (UB150) ke Asia Production 250cc (AP250). 

Telah ditempa di kelas UB150 dengan pencapaian 3 kali podium yang mengantarkannya meraih posisi 4 klasemen akhir musim 2019, serta peringkat 9 tahun 2020 yang hanya digelar satu seri di Sepang Malaysia karena kondisi pandemi Covid-19, cukup memberikannya peluang ke kelas yang lebih tinggi. 

Selain Aldi Satya Mahendra, pembalap lainnya yang akan menggeber motor sport unggulan YZF-R25 adalah Wahyu Nugroho dan Anggi Setiawan di kelas AP250.

Wahyu Nugroho yang berstatus rookie atau pendatang baru tahun lalu, langsung menunjukkan skill dan bakatnya dengan melesat ke peringkat 4 berkat finish di posisi 4 baik itu race 1 maupun race 2 pada satu seri yang dilaksanakan.

Persaingan juga akan dirasakan Anggi Setiawan yang akan membalap di tahun ketiganya di kelas AP250. Tahun lalu, dia berada di urutan ke-9 klasemen setelah finish ke-11 dan 6 dalam dua race.

Sedangkan kemampuan dan mental M.Faerozi juga akan kembali diuji di kelas Supersports 600cc menggunakan YZF-R6.

Menuntaskan debutnya di seri Sepang 2020, dia merengkuh poin pertama karena ada di urutan ke-11 race 2 setelah sebelumnya tidak finish karena accident saat race 1. Hasil ini membawanya ke posisi 15 klasemen musim lalu.

Para pembalap YRI akan kembali menjawab tantangan balapan ARRC 2021 yang dihelat 6 seri mulai Juni nanti.

Aldi Satya Mahendra, Wahyu Nugroho dan Anggi Setiawan ditargetkan masuk 5 besar di kelas AP250. Berbekal talenta dan pengalaman di level Asia, ketiganya akan berjuang menuntaskan pencapaiannya sesuai target tersebut.

Sementara itu, M.Faerozi mempertebal kepercayaan dirinya untuk menyelesaikan target top 10. Dia menguatkan tekadnya agar dapat mencetak prestasi di kelas Supersports 600cc.

”Setelah mengumumkan keikutsertaan Galang Hendra di kejuaraan World Supersport 600cc (WorldSSP600), April ini dengan bangga kami memperkenalkan 4 pembalap Yamaha  Racing Indonesia (YRI) yang akan berkompetisi di ARRC. Faerozi, Anggi, Wahyu dan Aldi Satya akan tampil di kelas AP250 dan Supersports 600," ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Lebih lanjut Morimoto menambahlan, partisipasi kuartet pembalap YRI merepresentasikan keberhasilan pembinaan berjenjang yang dilakukan Yamaha Indonesia baik di tingkat nasional hingga  level internasional di ARRC.

"Berbekal skill dan pengalaman mereka serta dukungan dari YIMM, kami yakin target kami dapat tercapai dalam 6 seri ARRC,”  yakin Morimoto.

Sementara itu para pembalap YRI itu mengungkapkan tekad dan kesiapan yang kuat menghadapi tantangan di musim ARRC 2021.

”Terima kasih kepada Yamaha yang telah memberikan kepercayaan saya balapan di kelas Supersports 600cc ARRC. Tahun ini saya sudah melakukan beberapa latihan terutama fisik dan latihan motor menggunakan YZF-R6. Tahun 2020, kompetisi hanya berjalan satu kali dan itu tidak menggembirakan. Saya akan berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ungkap M.Faerozi.

“Saya berterima kasih kepada Yamaha yang  mempercayai saya membalap di kelas AP 250cc. Ini membuka kesempatan bagi saya meraih prestasi. Saya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan meningkatkan fisik, mental dan skill, serta belajar dari strategi dari pengalaman saya,” ungkap Anggi Setiawan.

”Untuk kesempatan yang diberikan Yamaha masuk tim Yamaha Racing Indonesia, saya berterima kasih serta senang mendapatkannya. Saya berupaya mendapatkan hasil terbaik, yang terdekat adalah persiapan race seri 1 nanti,” tutur Wahyu Nugroho, pembalap kelas AP 250cc.

”Terima kasih kepada Yamaha, di tahun ke-3 ini Yamaha kembali mengajak saya dalam daftar pembalap tim Yamaha Racing Indonesia dan naik ke kelas AP250. Saya ingin seperti kakak saya Galang Hendra Pratama bisa mengikuti WorldSSP300 ke depannya. Kesempatan ini sangat berharga bagi saya dan Bismillah semoga tahun ini dapat memberikan hasil cemerlang,” ungkap Aldi Satya Mahendra.

Kuartet “Pejuang Semakin di Depan” YRI ini akan melakukan latihan resmi di sirkuit Sepang Malaysia 1-2 Juni sebelum menjalani putaran 1 di sirkuit  sama 4-6 Juni 2021. (bs)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!