F1 2021 Portugal: Jelang Kualifikasi, F1 Jadikan 4 Track Limits di Portimao

Sabtu, 01/05/2021 18:57 WIB

mobilinanews (Portugal) - Di tengah berbagai kontroversi soal track limits, justru kembali F1 menambah kontroversinya dengan menambah area aturan itu jelang kualifikasi di Portimao.

Sebelumnya ditetapkan 3 tikungan jadi track limits (batas lintasan yang boleh dilalui pembalap). Ini pun kontroversial, khususnya untuk T15. Tikungan terakhir yang begitu keluar jadi tempat pembalap berancang-ancang menghimpun tenaga mobil menempuh trek lurus. Sebab, jika salah di situ bukan hanya lap saat itu yang dianggap tak sah tapi juga lap berikutnya karena dianggap sudah dapat keuntungan di awal.

Selain T15, sebelumnya juga dikeluarkan status track limit untuk tikungan 1 dan 4.

Belum cukup, hari ini jelang sesi kualifikasi F1 justru menambahkan jumlahnya menjadi 4. Selain tiga di atas, kini T14 juga masuk dalam katagori track limits. Menurut FIA, pemberlakuan mendadak ini karena banyak pembalap yang mengeksploitasi tikungan itu untuk mendapatkan keuntungan waktu pada sesi latihan Jumat kemarin.

Aturan ini menyebut pembalap tak boleh membawa mobilnya melebihi batas yang diberi tanda garis putih dan merah. Paling tidak masih harus ada sebelah roda yang menjejak pada tanda itu. Jika dilanggar pada sesi kualifikasi yang sebentar lagi berlangsung, maka catatan waktu pada lap tersebut dianggap tidak sah.

Pada balapan besok, Minggu (2/5), semua pembalap juga terlarang melanggar batas itu. Pelanggaran ke-1 dan 2 akan diberikan peringatan bendera hitam dan putih dan siap-siap menerima hukuman dari race stewards jika 3 kali pelanggaran.

Dengan level persaingan yang kini sangat ketat, bukan tak mungkin besok keempat tikungan itu melahirkan kontroversi seperti terjadi antara Max Verstappen dengan Lewis Hamilton di GP Bahrain lalu.

Aturan track limits juga berlaku di ajang balap MotoGP. Berikut seabreg kontroversinya. Kasus terakhir terjadi di sesi kualifikasi GP Portugal di Portimao lalu kala lap time Francesco Bagnaia (Ducati) dibatalkan karena melanggar batas lintasan, padahal sempat tertera sebagai peraih pole position. Kru Ducati yang sudah berselebrasi pun  harus gigit jari. (rnp)

 

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman