Tanggapi Kemarahan Pol Espargaro, Ini Jawaban Bos Honda

Rabu, 05/05/2021 00:20 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Tak perlu menunggu lama, kemarahan dan curhat Pol Espargaro soal situasi internal di skuad Repsol Honda langsung mendapat tanggapan Alberto Puig. Team Principal Repsol Honda itu sebut semua akibat kesalahan HRC (Honda Racing Corporation).

Puig tak secara spesifik mengomentari begitu banyak keluhan yang dilontarkan Pol sebagai pembalap baru tim Repsol Honda itu.

Yang mengkritik kebijakan tim dengan membuat paket berbeda untuk masing-masing pembalap, plus kepedulian individu berlebihan yang merujuk kepada perlakuan istimewa tim kepada Marc Marquez.

Yang jelas, komentar Puig muncul hanya beberapa jam setelah curahan hati Pol marak di media.

"Kami memang menghadapai berbagai masalah. Poin negatifnya adalah kami, HRC (Honda Racing Corporation). Tapi, kami sudah mengidentifikasi permasalahannya," kata Puig tanpa merinci apa yang ia sebut poin negatif HRC.

Ia menyebut untuk menebus kesalahan itu Honda akan mengusung berbagai part baru untuk race berikutnya. Ia dan seluruh awak tim siap bekerja keras untuk memberikan yang terbaik buat seluruh pembalap Honda.

Ia sebut HRC akan memasiok 5 paket aerodinamika baru yang satu sama lain berbeda, tiga sasis spek berbeda, dan sejumlah komponen baru lainnya. Tentu saja Pol akan kebagian mana yang paling cocok dengan gaya balapnya.

Mantan pembalap GP500 itu malah lebih suka membahas poin positif yang sudah diperlihatkan Pol ketimbang isu negatif yang dilontarkan eks pembalap KTM itu. 

"Pol dan Marc baik-baik saja meski alami kecelakaan hebat dan mereka bisa selesaikan balapan. Saya kira itu hasil positif."

Puig juga menyinggung sisi positif dari pembalap satelit LCR Honda Takaaki Nakagami yang juga disentil Pol dalam curhatannya karena dapat perlakuan berbeda dengan dirinya.

Pol tidak dapat kesempatan menguji sasis 2020. Yang diberikan hanya Marquez dan adiknya, Alex Marquez, serta Nakagami.

Prestasi Nakagami finish P4 di GP Spanyol mendapat apresiasi tinggi dari Puig. Bukan kaena itu adalah hasil finish terbaik Honda sepanjang musim 2021 ini, tapi proses yang dilakoni pembalap Jepang yang jelas binaan Honda itu.

"Taka mampu mengatasi masalah fisik yang ia derita karena jatuh di Portimao. Ia tunjukkan bahwa ia secara mental sangat kuat. Ia tidak dalam kondisi sempurna, tapi ia melakukan balapan yang baik dengan selisih hanya 0,7 detik dari juara," kata Puig.

Sebagai pemimpin tim, rasanya memang tak bijak jika Puig meladeni curhatan Pol lewat media. Dengan memaparkan apa yang dilakukan Nakagami, bisa jadi itu adalah pesan dan sentilannya buat Pol.

Agar tak terlalu banyak mengeluh di dalam tim. (rnp)   

 

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!