F1 2021: Laga Ke-100, Max Verstappen Yakin Duel Ulang Dengan Hamilton di Barcelona

Rabu, 05/05/2021 23:31 WIB

mobilinanews (Inggris) - Baru berumur 23 tahun dengan status young driver. Tapi, Max Emilian Verstappen sudah enam tahun berlaga di kancah balap F1. Akhir pekan ini di GP SPanyol, Sirkuit Barcelona, ia lakoni laga ke-100-nya.  Targetnya jelas, bawa RB16B kembali bersaing dengan Mercedes W12.

Ada dua hal pokok yang membuat Verstappen on fire ke Barcelona pada 7-9 Mei 2021 ini. Pertama soal perasaan. Barcelona adalah trek yang paling membahagiakan pembalap Belanda itu. Karena di situlah ia meraih kemenangan pertamanya di F1, pada GP Spanyol 2016. Itu kali pertama ia mengendarai mobil Red Bull setelah dua musim di tim Toro Rosso. Mengalahkan para seniornya macam Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, Fernando Alonso dan Jenson Button.

Saat itu duet Mercedes Lewis Hamilton dan Nico Rosberg saling tubruk di lap pertama dan dua-duanya gagal finish.

"Barcelona selalu menjadi spesial bagi saya. Kemenangan pertama yang sedikit mengejutkan banyak orang karena itulah debut saya dengan tim," kenang Verstappen yang tiba di garis finish dengan keunggulan 0,6 detik atas Raikkonen di atas Ferrari.

"Saya tak sering emosional. Tapi, hari itu saya hampir menangis, begitu juga ayah saya (Jos Verstappen). Karena yang terlintas di benak adalah awal perjuangan yang sangat berat mencapai F1."

Selain perasaan, Verstappen juga sangat yakin kecocokan karakter trek Barcelona dengan RB16B besutannya. Ia tak pernah terganggu oleh minimnya grip ban di sirkuit satu itu karena sudah paham betul bagaimana harus men-set up mobilnya. Sangat beda dengan karakter Portimao lalu yang menyulitkannya bersaing dengan Lewis Hamilton (Mercedes).

"Barcelona trek normal dalam hal daya cengkeram ban, beda dengan Portimao. Ini akan bagus buat mobil kami. Tapi, saya juga berpikir Mercedes pun akan kencang di sini. Akan ada duel rapat lagi. Hasilnya tergantung pada siapa yang menemukan set up paling baik," tandasnya.

Saat ini Verstappen kalah 8 poin dari Hamilton di klasemen sementara F1 2021. Hanya kemenangan yang bisa mereduksi poin itu agar kembali keras dalam persaingan merebut gelar di akhir tahun. Akankah itu terwujud dalam laga ke-100-nya? (rnp)

 

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman