Waduh! Jasa Marga Catat 648 unit Kendaraan Diputarbalikkan Karena Nekat Mudik!

Sabtu, 08/05/2021 08:01 WIB

mobilinanews (Cikarang) - PT Jasa Marga terus membantu petugas kepolisian dalam melakukan penyekatan mobilitas masyarakat yang terindikasi mudik.

Pada hari pertama penyekatan mudik, Jasa Marga, mencatat ada sekitar 648 kendaraan terpaksa diputarbalikkan karena kedapatan akan melakukan mudik ke beberapa wilayah.

Masyarakat yang kedapatan mudik, dikeluarkan ke gerbang tol terdekat di dua check point yang ada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu di Km 31 Cikarang Barat Arah Cikampek dan Km 47 Karawang Barat Arah Cikampek pada hari pertama pemberlakuan kebijakan peniadaan mudik, Kamis (06/05/2021).

Pada hari pertama terpantau kepadatan menjelang kedua titik check point dimaksud karena pihak Kepolisian melakukan pengecekkan dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk dalam kategori dikecualikan.

"Jika ada yang tidak memenuhi syarat perjalanan maka akan ditindak keluar ke gerbang tol terdekat, Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 3 dan GT Karawang Barat 1 untuk diputar balik kembali ke arah Jakarta,” ujar Widiyatmiko Nursejati, General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad, Widiyatmiko Nursejati.

Dalam memaksimalkan penyekatan mudik, pihak kepolisian tidak tanggung-tanggung melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan, seperti mobil penumpang, bus, serta truk.

Jika kedapatan mengelabuhi petugas, maka kendaraan tersebut langsung diminta memutarbalik dan keluar melalui Gerbang Tol terdekat untuk kembali ke kota asalnya.

“Kami terus meningkatkan pengawasan khususnya untuk kendaraan-kendaraan truk yang terindikasi mudik, misalnya dengan mencirikan kendaraan truk yang beralaskan terpal. Kendaraan ini yang kemudian kita buka, seperti di hari pertama, kami menemukan berisi penumpang di dalam bak," tambah Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Akmal.

Senada dengan kepolisian, Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik jelang hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Selain itu, batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah. (hf)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok