F1 2021 Spanyol: Valtteri Bottas Tolak Perintah Permudah Laju Hamilton, Ini Alasannya

Minggu, 09/05/2021 23:59 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Kursi Valtteri Bottas semakin panas di skuad Mercedes. Keputusannya melawan perintah team order di GP Spanyol, Minggu (9/5/2021), semakin mengancam posisinya untuk digantikan George Russell.

Dalam perjuangan Hamilton mengejar Max Verstappen (Red Bull) sebagai pemimpin lomba, Bottas yang berada di urutan kedua sempat menahan laju Hamilton yang lebih kencang dari mobilnya.

Ada beberapa saat laju #44 terhalang oleh #77.  Karena itu petinggi Mercedes mengirim pesan kepada Bottas untuk memberikan jalan buat rekan setimnya.

Alasan tim karena Hamilton ganti strategi dan tengah mengejar Verstappen untuk meraih P1 di akhir balapan.

Tapi, Bottas tak bergeming. Membuat Hamilton tak sabar dan memaksa Hamilton memyalipnya dari sudut sempit, begitu sempit sehingga kedua W12 itu sempat terlihat bakal bersentuhan membuat Team Principal Mercedes Toto Wolff menarik nafas dalam.

"Bisa saja saya beri jalan lebih awal. Tapi, saya ke sini untuk balapan. Bukan untuk memudahkan jalan orang lain tanpa perjuangan," ketus Bottas di akhir balapan.

Selain itu, katanya, ia juga sibuk untuk memikirkan balapannya sendiri, Terlebih karena sempat disalip Charles Leclrec (Ferrari) di awal lomba. Meski kemudian berhasil menyalip kembali, Bottas merasa perlu untuk semakin jauh meninggalkan Leclerc agar tak lagi terancam.

"Yang penuh dalam pikiran saya adalah balapan saya sendiri. Mereka (tim) memang mengingatkan saya untuk memberikan jalan. Tapi, saya tegaskan lagi, saya berada di sini bukan untuk membiarkan porang lain lewat begitu saja," imbuh driver Finlandia itu.

Ini bukan kali pertama Bottas mempermasalahkan team order yang dilayangkan timnya. Di GP Bahrain lalu ia juga sempat bersitegang dengan Wolff terkait strategi tim yang tak sesuai keinginan Bottas.

Yang jelas belakangan hubungan Bottas dengan Wolff tak harmonis. Dengan Hamilton, apakah terpengaruh oleh kasus di GP Spanyol?

Hanya waktu yang membuktikan karena selama ini Hamilton cenderung membela Bottas. (rnp)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik di Indonesia MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060