MotoGP 2021 Prancis : Optimisme Marc Marquez, Honda Akan Menang

Minggu, 16/05/2021 17:47 WIB

mobilinanews (Prancis) - Tak lama dan tak banyak. Tapi, masukan dan sentuhan Marc Marquez pada tes Jerez lalu terbukti menjadikan RC213V kembali garang.

Itu nyata tak hanya pada besutan Marquez. Juga dirasa oleh rider Honda lainnya seperti Pol Espargaro yang tandem Marquez di Repsol Honda serta Takaaki Nakagami (LCR Honda).

Ketiganya sempat menghuni tercepat 1, 2 dan 3 kualifikasi kemarin sebekum dipatahkan para joki Yamaha dan Ducati di menit terakhir.

"Jika saya masih sempat dapat lap extra mungkin bisa lebih baik lagi. Sayangnya, bendera berkibar persis saat saya jelang garis finish," kata Marquez.

Tapi, ia tak kecewa. Motornya kini punya kekuatan, tak lagi seperti di seri Portugal dan Spanyol lalu. Maklum, RC213 2021 yang sebelumnya ia gunakan sama sekali belum pernah ia sentuh. Motor itu dibangun saat ia masih dirundung cedera panjang.

"Banyak perubahan positif di sejumlah area. Khususnya pada braking zone dan cornering. Saya sudah dapatkan keseimbangan. Saat ini masalahnya hanya pada fisik saya yang belum optimal," kata Marquez yang juga tampil tercepat di FP3.

FP3 yang main di tengah hujan itu, katanya, tertolong oleh lintasan basah. Karena tidak terlalu menguras fisik dibandingkan di lintasan kering.

Ia tak jabarkan perubahan apa yang dilakukannya pada RV213V. Yang jelas Honda sudah siapkan beberapa paket sasis, elektronik dan aero kit untuk dicoba Marquez pada tes Jerez lalu. Diyakini itulah yang membuat lonjakan performa RC213V saat ini.

Start dari baris kedua tak membuatnya langsung jumawa mematok target ambisius. Ia ingin raih hasil setapak demi setapak.

"Mungkin finish 5 Besar dulu, lantas podium dan setelah itu kemenangan. Setelah ini hingga akhir musim nanti Honda akan raih kemenangan," tegas.Marquez.

Malam ini WIB di sirkuit LeMans, Prancis jelas bukan tak mungkin Marquez malah memulainya bukan dari hasil 5 Besar tapi justru podium.

Kita tunggu saja. (rnp)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo