F1 2021 Monaco: Bos Mercedes Unggulkan Verstappen, Ferrari Potensi Podium

Senin, 17/05/2021 23:51 WIB

mobilinanews (Monaco) - Akhir pekan ini jet darat F1 masuk seri Monaco, seri balap jalan raya paling popular sedunia.

Dengan hasil 4 race terdahulu musim 2021, dengan mudah bisa diprediksi kembali persaingan antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen. Hanya saja kali ini ada Ferrari bersama mereka.

Direktur Trackside Mercedes Andrew Shovlin sejak jauh hari sudah mengatakan Red Bull Honda punya keuntungan dibandingkan Mercedes besutan Hamilton di Monaco.

Di sisi lain, Team Principal Ferrari Mattia Binotto menyebut timnya punya peluang tarung podium di sirkuit tengah kota Monte Carlo itu. Rujukannya perbandingan data di Sektor 3 GP Spanyol di Sirkuit Barcelona lalu.

Pada sektor terakhir yang terdiri dari tikungan-tikungan pendek berkecepatan rendah itu, RB16B besutan Verstappen tercepat dari semua mobil yang berlaga.

Ferrari besutan Charles Leclerc juga hanya kalah tipis dengan Mercedes di sektor itu. Ini yang jadi acuan Shovlin dan Binotto.

"Mobil Red Bull punya downforce yang lebih menguntungkan di sana. Mereka tampaknya akan unggul. Tapi tentu kami akan mengubah set up mobil. Saya kira persaingan keras akan terjadi kembali," ucap Shovlin.

"Sektor 3 di Barcelona sangat tepat menjadi referensi di Monaco yang banyak tikungan berkecepatan rendah. Kami punya keuntungan di situ," kata Binotto.

Meski demikian, pengalaman dan kemampuan Hamilton menang 3 kali di Monaco tetaplah menjadikannya sebagai pembalap favorit.

Beda dengan Verstappen dan Leclerc yang jangankan juara, naik ke podium saja belum pernah.

Dengan karakter RB16B dan SF21 yang musim ini berbeda dari pendahulunya, peluang mereka mencicipi podium Monaco sangat terbuka.

Sebagai pembalap tuan rumah, race ini sangat spesial buat Leclerc. Apalagi nanti saat balapan ada tribun khusus yang ditempati penonton dengan atribut Ferrari dan bendera atas namanya sebagai penyemangat.

"Jika ukurannya adalah Sektor 3 Barcelona tentu kami punya peluang bersaing meski Monaco tetap saja punya karakteristik tersendiri. Hanya saja keprcayaan diri saya lebih kuat kali ini," kata Leclerc yang finish ke-4 di Barcelona.

Berikut adalah catatan waktu terbaik di Sektor 3 Barcelona yang jadi rujukan ke GP Monaco. (rnp)

CATATAN WAKTU SEKTOR 3 BARCELONA

PositionDriverTeamTime
1Max VerstappenRed Bull26.295
2Lewis HamiltonMercedes26.400
3Valtteri BottasMercedes26.429
4Charles LeclercFerrari26.580
5Carlos SainzFerrari26.628
6Esteban OconAlpine26.632
7Sergio PerezRed Bull26.695
8Daniel RicciardoMcLaren26.782
9Pierre GaslyAlphaTauri26.827
10Lando NorrisMcLaren26.845

 

 

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali