Yamaha Luncurkan Skutik 125 cc Baru, Lebih Efisien dan Agresif

Rabu, 19/05/2021 16:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Yamaha terus melakukan pengembangan skuternya karena pasarnya yang besar. Di Indonesia, deretan motor skutiknya menjadi bagian penting, yang berkontribusi bagi penjualan. Model-model entry-level seperti Yamaha Mio dengan cc kecil dan seterusnya menjadi produk menarik.

Hal yang sama juga terjadi di luar negeri yang masih menjadi region Asia Tenggara. Namun menjadi menarik, ketika skutik dengan kapasitas mesin kecil, juga mulai menarik minat pasar western khususnya di Amerika, yang cenderung lebih suka dengan skutik premium ber-cc besar.

Salah satunya adalah produk terbaru Yamaha, yang baru diluncurkan, Selasa (18/5/2021) yakni skuter Zuma 125 model 2022 yang dianggap akan menjadi skutik baru yang diandalkan untuk mendukung mobilitas dalam perkotaan, mengutip RideApart

Motor ini didukung dengan desain futuristik yang mendukung tampilan modernnya. Hal ini bisa dilihat dari bentuk lampu depannya yang asimetris. Ia juga lebih ramah lingkungan karena didukung dengan mesin Blue Core 125cc, silinder tunggal, empat langkah, berpendingin cairan yang diklaim efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Selain itu ia memiliki menampilkan Variable Valve Actuation Yamaha, untuk mengarahkan daya kapan saja motor membutuhkannya melalui rentang putaran. Seperti kebanyakan skuter, Zuma dibekali dengan kopling sentrifugal dan transmisi yang digerakkan oleh sabuk.

Zuma 125 2022 menggunakan roda berukuran 12 inci, dengan balutan ban tubeless DURO baru dengan pola tapak agresif. Meskipun ia tidak dikategorikan sebagai skuter offroad, tapi Zuma 125 baru juga mampu melibas medan-medan semi offroda.

Untuk sistem pengereman, Zuma menggunakan cakram depan tipe hidraulik berukuran 245 mm dan cakram belakang 230 mm. Bagian suspensinya menggunakan model spring kembar dengan desain travel suspensi berukuran 3,1 inci yang bisa melibas berbagai medan.

Kompartemen bawah dapat menampung satu helm full-face, dan juga menggantung dua helm. Fasilitas lainnya yang diberikan yakni adanya soket USB-A di depan, Layar LCD, dan lampu depan yang dapat disesuaikan. Motor ini kabarnya juga akan diluncurkan di Amerika pada Juli 2021 dengan warna Bru dan Hitam Matte. (Elk)

TERKINI
Planet Ban Hadirkan Kampanye Keberlanjutan Industri Otomotif Dalam Bisnis! Maksimalkan Layanan Untuk Konsumen, Ban Goodyear Kini Hadir di Bengkel B-Quik FIF Raup Laba Bersih Rp1,1 Triliun, Naik 16,5 Persen di Kuartal I 2024 PEVS 2024 : Neta V-II Meluncur, Janjikan Kenyamanan Lebih dengan Banderol Harga Cuma Rp200 Jutaan