Bermotor Saat Jalan Basah, Perhatikan Kondisi Ban

Jum'at, 21/05/2021 19:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pemotor yang berkendara setelah hujan harus tetap berhati-hati. Permukaan jalan yang masih basah dan licin tetap rentan terhadap kemungkinan slip. Dalam kondisi ini ban menjadi penting karena menjadi satu-satunya part yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Lalu ban seperti apa yang aman dan nyaman digunakan saat hujan atau setelah hujan, dimana permukaan jalan masih basah? Dalam kondisi seperti ini pemotor harus memperhatikan kedalaman bunga ban.

Setiap ban motor terdapat Tread Wear Indicator (TWI). Ban yang sudah melewati batas garis TWI artinya sudah botak, sehingga harus diganti karena daya cengkramnya pada permukaan jalan sudah menurun. Karena itu, jangan memaksa menggunakan ban botak saat hujan.

Jangan memaksa berjalan dengan ban cacing atau ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Hal ini sangat rentan. Ban motor standar sudah dibuat dengan memperhitungkan bobot motor karena itu jika menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil, akan sangat rentan slip. Apalagi digunakan saat permukaan jalan masih basah dan licin.

Selain itu, salah satu cara untuk menghindari slip bisa dilakukan dengan mengurangi tekanan angin ban. Hal ini perlu dilakukan agar kontak permukaan ban dengan aspal semakin baik. Artiya dengan mengurangi tekanan angin ban permukaan ban bisa menapak lebih luas pada jalan.

Soal model bunga ban atau alur ban yang cocok dengan kondisi jalan, saat ini sudah kurang dibutuhkan karena dengan kemajuan teknologi banyak pabrikan ban sudah membuat inovasi dan merancang ban sedemikain rupa sehingga ban dengan alur apapun bisa digunakan di jalan basah maupun kering.

Meskiipun ban sudah dalam kondisi yang sehat, pemotor tetap harus memperhatikan perilaku berkendara saat hujan seperti berkendara dengan kecepatan yang terukur dan lebih waspada sehingga tidak mengalami slip saat kondisi jalan basah. (Elk)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!