F1 2021 Monaco: Mercedes Berhitung Poin Sebelum Start, Siap Ambil Resiko?

Minggu, 23/05/2021 18:34 WIB

mobilinanews (Monaco) - Posisi start di GP Monaco pukul 20.00 WIB malam ini tak berubah. Charles Leclerc (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull Honda) tetap front row. Bagaimana dengan pemimpin klasemen sementara Lewis Hamilton (Mercedes) yang start dari grid 7?

Fokus Hamilton dan Mercedes hanyalah kepada Verstappen, pesaing Hamilton di klasemen sementara dengan selisih poin 14 (94 versus 80). Artinya, Verstappen berpeluang mengambil alih klasemen sementara jika menjadi juara sementara Hamilton finish pada posisi awalnya.

Lain hal jika Verstappen gagal jadi juara dan finish P2 saja sementara Hamilton tetap P7 maka klasemen masih dikuasai driver Inggris itu tetapi dengan gap tinggal 2 poin.

Red Bull dan terutama Mercedes sudah hitung-hutungan soal poin itu. Maklum, trek Monaco sangat sulit buat menyalip.

Karena itu Hamilton pun sudah tak lagi berpikir jadi juara selain bertarung sebaik yang bisa ia lakukan. Ia sendiri siap ambil resiko jika ada celah maju memperbaiki posisi sedepan mungkin.

Tapi, beda dengan bosnya Team Principal Toto Wolff. Ia sebut strategi apa pun yang akan diterapkan Mercedes punya resiko tersendiri.

Ia pun sadar betapa sulit beresikonya jika memaksakan menyalip di lintasan dalam kota Monte Carlo itu.

"Jika Lewis hanya finish ke-7 berarti masih dapat 6 poin. Itu jauh lebih baik dari tidak sama sekali," kata Wolff sebagai indikasi memilih Hamilton bermain aman saja.

"Ya, P7 tentu bukan tempat yang bagus memulai balapan di sirkuit ini. Tapi, saya harus coba berbuat semaksimal mungkin untuk menyusul pembalap di depan. Saya akan coba dan melihat kemungkinan bisa memperbaiki posisi sebisanya," tegas Hamilton yang pastinya ingin selalu finish terdepan.

Melihat tekad pembalapnya, Wolff tak punya sikap lain kecuali membiarkan sembari berharap strategi yang disipakan tim membuahkan hasil sesuai harapan.

"Tempat ini sudah pasti tak memiliki banyak kesempatan menyalip mobil lain. Tapi jika ia bisa finish lebih baik lagi maka saya akan sangat bahagia," katanya.

Pertarungan antara Hamilton dan Verstappen memang soal poin di klasemen. Tapi bagi Verstappen, pertarungan awal sudah harus ia mulai selepas start.

Sangat mungkin terjadi ia akan memaksakan ambil alih posisi Leclerc sejak garis start.

Selain untuk membuat kenyamanan di depan, ini juga kesempatan emas untuk mendulang poin krusial dalam upaya mengejar gelar 2021. Dan, tentunya itu pun juga beresiko. (rnp)

TERKINI
Dewan Tiongkok dan Periklindo Komitmen Memperkuat Industri Kendaraan Listrik MOU PT International Chemical Industry dan PT Senzo Feinmetal Perkuat Orbit Triton Untuk Efisiensi Kerja Industri Hadirkan Gaya Berkelas, Vespa Rilis Vespa Primavera dan Vespa Sprint 2024 Terbaru! Kontribusi Jaga Keberlanjutan, PEVS 2024 Bawa Semangat Net Zero Emission 2060