RIP Max Mosley, Mantan Team Owner F1 dan Presiden FIA

Senin, 24/05/2021 23:57 WIB

mobilinanews (Inggris) - Dunia otomotif internasional berduka dengan berpulangnya Max Mosley dalam usia 81 tahun pada Senin (24-5-2021). Bersama Bernie Ecclestone, Mosley melambungkan imej dan nilai komersial F1 meski banyak menimbulkan kontroversi.

Memimpin FIA dalam 4 periode kurun waktu 1993-2009, tak hanya F1 yang gemerlap di tangan Mosley tetapi juga serial World Rally Championship (WRC). Karena itu ia juga sangat dikenal di Indonesia saat negeri ini terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan dunia Reli pada 1996 dan 1997. 

Setelah berhenti sebagai pembalap, Mosley mendirikan tim March F1. Dari situlah ia melangkah ke organisasi FIA, mulai komisi hingga akhirnya jadi ketua pada 1993.

Pada era dirinyalah, bersama Ecclestone, Concorde Agreement diberlakukan untuk menjaga stabilitas penyelenggaraan F1 sekaligus bagi-bagi hasil finansial dengan seluruh tim.

Langkah kontroversial Mosley lainnya adalah pengetatan regulasi yang sangat keras sebagai buntut tewasnya Roland Ratzenberger dan Ayrton Senna di Imola, 1994.

Ecclestone sang sahabat dan partner di F1 mengkonfirmasi kepergian Mosley akibat penyakit kanker yang sudah lama diderita.

"Max dan saya sangat dekat. Kepergiannya membuat saya seperti kehilangan keluarga, kehilangan suadara. Ia tak hanya berperan mengembangkan olahraga bermotor tetapi juga industri otomotif dalam hal safety-nya," kata Ecclestone yang 40 tahun menjadi juragan F1.

Presiden FIA saat ini yang jadi pengganti Mosley pada 2009, Jean Todt, turut menyatakan duka mendalam. Sebagai pemimpin FIA selama 16 tahun, Todt menyebut Mosley sebagai figur yang sangat berperan mengembangkan aspek keselamatan dalam bidang motosport maupun kendaraan jalan raya.

"Keluarga besar FIA dan komunitas motorsort berduka untuknya," kata Todt.

Lahir di London pada 13 April 1940, Mosley adalah putra pemimpin fasis Inggris yang terkenal pada 1930-an, Oswald Mosley.

Belum ada pemberitahuan kapan dan di mana ia akan dikebumikan. (rnp)

TERKINI
Wuling Resmi Membuka Pemesanan Cloud EV di Ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2024 Mitsubishi Fuso Mensupport Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik!