MotoGP 2021 Italia: Pesta Desmosedici di Trek Lurus Mugello, 1.141 Meter

Kamis, 27/05/2021 23:33 WIB

mobilinanews (Italia) - Sejak awal musim 2021 hanya satu hal yang ditakutkan Fabio Quartararo (Yamaha) pada Ducati, yakni kecepatan DesmosediciGP 21 di trek lurus. Di Sirkuit Mugello akhir pekan ini, itulah ancaman serius yang dihadapi. Taruhannya adalah puncak klasemen sementara.

"Mereka akan sangat mudah menyalip kami di trek lurus. Kami harus mencari cara agar defisit di area itu bisa dikembalikan di area tikungan," kata Quartararo usai winter test silam di Qatar.

Faktanya memang kemudian terjadi seperti itu. Top speed-nya tak pernah lebih baik dari Ducati. Dan, Yamaha sendiri sejak dulu memang tak ingin mengambil alih kekuasaan di trek lurus dengan mempertahankan karaketr YZR-M1 di tikungan cepat. Itu juga yang Yamaha siapkan untuk GP Italia pada 28-30 Mei 2021 ini. Mereka tak ingin melawan Desmosedici pada trek lurus sepanjang 1,141 meter di Mugello. Ini salah satu terpanjang di kalender MotoGP.

Untungnya ada 15 tikungan di Mugello yang sebagiannya berkarakter cepat dan selama ini dikenal sebagai `makanan empuk` M1. 

"Ya, ada beberapa bagian yang sangat cocok dengan motor kami. Seperti biasanya, keuntungan itu yang ahrus kami maksimalkan," kata Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli yang merasa GP Italia juga home race mereka karena markas tim ada di Gerno di Lesmo, Italia.

Quartararo sendiri jelas melihat trek panjang seribuan meter itu sebagai ancaman serius. Selain itu, ia juga tak punya pengalaman naik podium di Mugello. Hasilk terbaiknya hanya 5 Besar musim 2016 saat berlaga di kelas Moto3. Di MotoGP 2019 bersama M1 ia hanya finish di urutan 10. Akankah berubah kali ini?

Sulit menjawabnya. Karena akan sangat bergantung pada sejauh mana Desmosedici meninggalkan M1 di trek lurus dan sejauh mana M1 mampu mengembalikan defisit itu di wilayah tikungan.

"Tentu saja kami punya potensi pekan ini," kata El Diablo tanpa berani mematok target podium atau fight menjadi juara, selain berjanji berjuang sebagus mungkin.

Tiga tahun terakhir 2017-2019 para joki Ducati juara di Mugello (musim 2020 tak ada MotoGP di sana karena Covid-19). Pada musim 2019 itu top speed Desmosedici mencapai 349,9 km per jam lewat Michele Pirro. Dan, tahun ini bisa lebih baik lagi mengingat top speed Johann Zarco (Pramac Ducaati) di sesi FP4 GP Qatar lalu, 362,4 km per jam dn menjadi rekor baru saat ini.

Tahun ini  Ducati jadi favorit, tak hanya karena bakal berpesta di trek lurus 1.141 meter itu tetapi juga performa Desmosedici GP21 yang mulai apik di dalam tikungan seperti diperagakan Francesco Bagnaia di beberapa kesempatan. 

Saat ini Quartararo memimpin klasemen sementara dengan poin total 80. Diikuti para joki Ducati Bagnaia (79), Zarco (68) dan Jack Miller (64). Sangat rawan bagi Quartararo, sangat tak mudah mempertahankan tampuk klasemen. Terlebih melawan Bagnaia yang on fire sebagai local hero. Hanya satu hal yang harus diwaspadai Bagnaia agar kembali ke puncak klasemen, tak terlena oleh semangat dan kepercayan diriyang terlalu tinggi. Bisa jadi bumerang! (rnp)

TERKINI
Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali