MotoGP 2021 Italia: Podium Mugello Tanpa Desmosedici, Quartararo Semakin Perkasa!

Minggu, 30/05/2021 20:33 WIB

mobilinanews (Italia) - Kepercayaan diri tinggi di skuad tuan rumah Ducati, akhirnya hanya hasilkan kekecewaan besar di Sirkuit Mugello, Minggu (30-5-2021).

Boro-boro double apalagi triple podium, yang ada justru tak satu pun joki Desmosedici raih podium di kandang Ducati sendiri.

Pukulan pertama diterima Francesco Bagnaia, andalan tuan rumah yang bermain apik sejak sesi latihan dan kualifikasi. Seperti diduga, ia dengan mudah mengambil alih posisi Fabio Quartararo (Yamaha) selepas satart, unggul sprint menuju tikungan pertama.

Tapi, itu hanya bertahan sekejap karena pada lap berikutnya ia dan motornya terguling dan langsung dalam status retire. 

Tanpa Bagnaia, Quartararo melaju sendirian di depan. Johan Zarco (Pramac Ducati) hanya sebentar mampu lakukan perlawanan. Begitu pun Jack Miller, pembalap Ducati satunya yang datang ke Mugello dengan bekal dua kemenangan beruntun di Spanyol dan Prancis.

Pembalap Australia yang baru teken kontrak dengan Ducati itu hanya finish P6.

Yang menarik adalah kembalinya Suzuki ke zona podium. Duet tim ini Alex Rins dan Joan Mir menampilkan permainan apik, tak hanya bersaing sesama mereka tetapi juga saat menyalip sejumlah pembalap.

Sayangnya, Rins terpental di lintasan saat berjuang mencapai podium. Akhirnya, Mir sang juara dunia 2020 finish podium ketiga di belakang Miguel Oliveira (KTM) yang juga main cemerlang.

Mendulang poin maksimal di Mugello, Quartararo semakin kokoh di puncak klasemen sementara MotoGP 2021 dengan total poin 105. Unggul telak 20 angka atas Zarco yang kini gantikan Bagnaia di urutan kedua. Bagnaia sendiri berada di urutan 3 dan diikuti Miller di posisi 4. 

Usai balapan Quartararo akui alat bantu start yang diperbaharui Yamaha sangat membantunya melakukan start. Ini proses start-nya paling mulus selama ini. Meski tetap bisa disalip Ducati, tapi ia hanya kehilangan 1 posisi.

Bandingkan dengan sebelumnya yang dari pole position bisa mundur ke urutan 5 atau 6 sesaat setelah start.

Quartararo sendiri menyambut kemenangan perdananya di GP Italia dengan perasaan tak menentu. Ia senang karena strategi jaga performa ban sukses ia lakukan dalam race berdurasi 23 laps.

Tapi, juga sedih karena balap grand prix ini kehilangan nyawa seorang pembalap muda di Moto3, Jason Dupasquier.

Quartararo mengaku memulai balapan juga dengan perasaan tak nyaman, terutama saat melewati T9 dan 10 yang menjadi area di mana Jason terlibat kecelakaan fatal.

"Kemenangan ini sangat penting. Tapi, saya tak bisa merayakannya sebagaimana harusnya karena hari ini kami telah kehilangan seorang teman," ucap pembalap Prancis itu yang meluncur dengan tulisan khusus JASON di helm-nya sebagai bentuk rasa hormatkepada Jason yang baru berusia 19 tahun.

Di atas podium Quartararro pun mengibarkan bendera Swiss, lagi-lagi untuk menghormati Jason. (rnp)

KLASEMEN SEMENTARA MOTOGP 2021 USAI GP ITALIA

Pos.RiderBikeNationPoints
1Fabio QUARTARAROYamahaFRA105
2Johann ZARCODucatiFRA81
3Francesco BAGNAIADucatiITA79
4Jack MILLERDucatiAUS74
5Joan MIRSuzukiSPA65
6Maverick VIÑALESYamahaSPA64
7Aleix ESPARGAROApriliaSPA44
8Brad BINDERKTMRSA35
9Franco MORBIDELLIYamahaITA33
10Miguel OLIVEIRAKTMPOR29
11Pol ESPARGAROHondaSPA29
12Takaaki NAKAGAMIHondaJPN28
13Alex RINSSuzukiSPA23
14Danilo PETRUCCIKTMITA23
15Alex MARQUEZHondaSPA20
16Enea BASTIANINIDucatiITA20
17Jorge MARTINDucatiSPA17
18Marc MARQUEZHondaSPA16
19Valentino ROSSIYamahaITA15
20Iker LECUONAKTMSPA13
21Stefan BRADLHondaGER11
22Luca MARINIDucatiITA9
23Michele PIRRODucatiITA3
24Lorenzo SAVADORIApriliaITA3
25Tito RABATDucatiSPA1

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!