F1 2021 Azerbaijan: Hamilton dan Toto Wolff Lempar Handuk Kepada Verstappen Tanda Nyerah?

Rabu, 02/06/2021 02:18 WIB

mobilinanews (Azerbaijan) - RB16B besutan Max Verstappen (Red Bull Honda) datang ke GP Azerbaijan, 4-6 Juni 2021, di Sirkuit Baku dengan sayap belakang yang sama dengan di GP Monaco. Sayap yang dicurigai Mercedes ilegal itu bakal kembali jadi momok buat tim Mercedes.

Mercedes sendiri sudah mempermasalahkan rear wing itu kepada FIA. Regulator balap mobil dunia ini pun merespons dengan janji akan lakukan investigasi pada bulan depan.

Artinya, sayap yang lekukannya dianggap tak sesuai aturan itu masih dipakai Red Bull di GP Azerbaijan akhir pekan ini. Dan, itulah yang dikhawatirkan Hamilton.

"Dengan sayap itu mereka akan dapat keuntungan signifikan di Sirkuit Baku. Bisa 0,6 detik," ujar juara dunia bertahan itu.

Kini, kekhawatiran Hamilton dipertegas oleh bos Mercedes Toto Wolff. Bukan hanya karena performa RB16B yang tahun ini jauh lebih kinclong dari versi sebelumnya (RB16), tapi juga karakter sirkuit jalan kota itu yang tak cocok dengan W12. Meski sama-sama street circuit, tapi karakter lintasan Monaco dan baku sangat berbeda. 

"Ini akan jadi balapan yang rumit bagi kami. Tak cocok dengan W12. Red Bull akan kuat lagi sementara Ferrari dan McLaren pun belakangan membuat kemajuan besar," kata Wolff.

Yang harus dilakukan Mercedes, katanya, adalah mencari dan menemukan celah yang bisa dikembangkan jadi kekuatan Mercedes.

Sesi latihan hari pertama akan dipakai sepenuhnya untuk pencarian tersebut. Apakah ditemukan atau tidak, waktulah yang nanti bicara pada akhir 3 sesi latihan.

Meski begitu, Wolff dan pasukannya siap menantang Red Bull kembali. Setelah terpuruk di Monaco dengan akibat kehilangan pucuk kekuasaan di kejuaraan pembalap dan konstruktor, Wolff pastikan timnya akan berikan perlawanan maksimal di Baku. 

"Kami justru mengharapkan rivalitas seperti ini. Bagus buat fans, bagus buat perkembangan balapan ini dan bagus buat kami," tekadnya.

Saat ini, Verstappen memimpin klasemen sementara pembalap dengan keunggulan 4 poin atas Hamilton. Di kejuaraan konstruktor, Red Bull Honda unggul 1 poin atas Mercedes. (rnp)

 

TERKINI
NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Prestasinya GIIAS 2024 Jadi Pameran Terbesar, Ada 11 Hall Untuk Show Kendaraan Hingga Aftermarket