MotoGP 2021 Catalunya: Duka Suzuki, Alex Rins Kecelakaan Bersepeda dan Absen di Barcelona

Kamis, 03/06/2021 22:13 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Duka Suzuki dan salah satu jokinya, Alex Rins, masih juga berlanjut. Pembalap tuan rumah Spanyol itu dipastikan tak mengaspal di home race-nya pekan ini. Ia alami kecelakaan saat bersepeda. Tulang tangan patah daan memar di beberapa bagian tubuhnya.

Kamis (3-6-2021) pagi waktu Spanyol atau petang WIB, Rins terpelanting dari sepedanya saat latihan fisik di sirkuit mini miliknya. Tulang lengan kanannya patah, memar di beberapa bagian, dan saat itu juga ia dilarikan ke RS Dexeus Barcelona.

"Ia sangat kesakitan. Besok pagi harus dioperasi," bunyi keterangan resmi tim Suzuki.

Musibah ini jleas pukulan telak buat Rins. Pukulan saat ia tengah bersemangat untuk tempur habis-habisan di Sirkuit Barcelona kesukaannyauntuk menebus kesialn di dua race sebelumnya. Ia memang apes beruntun di GP Prancis dan Italia yang harus keluar balapan akibat kecelakaan. Bikin sesak hati Rns dan petinggi Suzuki karena musibah terjadi saat ia tengah kompetitif. 

Di Italia, misalnya, Rins dan tunggangan GSX-RR-nya jatuh saat bertarung ke zona podium. Dari 6 race tahun ini, ia tercatat sudah tiga kali retire. Sebelum Prancis dan Italia, ia juga terjungkal di GP Portugal. 

Dengan koleksi poin baru 23 berkat finish P6 dan P4 di dua seri Qatar, Rins saat ini terpuruk di urutan 13 klasemen sementara. Di saat sama, JOan Mir sebagai juara dunia 2020 juga belum tampil dalam performa terbaiknya. Dan, dengan musibah Rins ini mak perjuangan mempertahankan gelar  kejuaraan tim tahun lalu jauh semakin berat.

Suzuki belum memutuskan siapa pembalap pengganti di Catalunya pad 4-6 Juni ini.

"Manajemen tim tengah mengevaluasi situasi dan belum ada keputusan apa pun," imbuh keterangan pers Suzuki.

Tes rider Suzuki Sylvain Guintoli sudah berada di Barcelona untuk kepentingan tes pada Senin usai GP Catalunya. Tampaknya ia jadi calon tunggal untuk gantikan Rins. (rnp)

TERKINI
Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Spesifikasi Nissan Magnite: SUV Kompak yang Bikin Honda HRV Kehabisan Napas! Komunitas Pengendara Kendaraan Listrik dan Keseruan Parade di PEVS 2024 AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil!