MotoGP 2021 : Resmi, Valentino Rossi Gabung Ducati Mulai Tahun Depan!

Kamis, 24/06/2021 19:37 WIB

mobilinanews (Italia) - Kembali ke Ducati bukan lagi isu bagi Valentino Rossi. Setelah jeblok tahun ini bersama Petronas Yamaha Srt, dengan kontrak hanya setahun, dipastikan tahun depan The Doctor gabung kembali dengan Ducati. Kontrak 3 tahun sudah diteken pada Kamis (24/6/2021) hari ini.

Sementara ini yang sudah ditetapkan ke Ducati adalah Valentino Rossi sebagai team owner Aramco Racing Team VR46. Tim milik The Doctor ini akan pakai Desmosedici setidaknya pada musim 2022-2024.

Bakal lebih panjang karena tim ini juga sudah teken kontrak dengan Dorna Sports untuk jadi kontestan regular di kelas MotoGP.

Apakah Rossi akan membalap untuk Ducati seperti pada musim 2011-2012?

Itu bergantung pada dirinya sendiri, yang kabarnya akan diputuskan pada pertengahan musim ini. Keputusan soal apakah ia pensiun atau masih bernafsu jadi pembalap meski tahun ini masuk 10 Besar saja sudah ngos-ngosan.

Ia pernah katakan kalau hanya akan jadi bos di paddock MotoGP. Tapi, saat lain ia juga sebut menarik pula jika ia perkuat timnya berpasangan dengan adik tirinya, Luca Marini.

Alessio Salucci, sahabat Rossi yang memimpin seluruh proyek VR46, menyebutkan belum ada kepastian siapa pembalap timnya tahun depan.

Yang jelas sebagaimana cita-cita Rossi untuk mengorbitkan sebanyak-banyaknya pembalap Italia ke ajang grand prix, maka prioritas timnya adalah rider Italia yang juga alumnus VR46 Riders Academy di Tavuilla, Italia.

Isu yang berkembang joki tim yang disokong sepenuhnya oleh Aramco (perusahaan miyak Arab Saudi) ini salah satunya yang pasti adalah Luca Marini yang tahun ini membesut Ducati dalam tim Avintia.

Satu motor lagi, kalau bukan Rossi maka itu akan jatuh pada Marco Bezzecchi sebagai pentolan VR46 Academy yang tahun ini berlaga di Moto2. Selain Marini, alumnus sekolah balap milik Rossi itu yang sudah tiba di MotoGP adalah Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia.

"Kami akan terus mendukung para pembalap muda Italia mulai dari kelas paling bawah hingga MotoGP. Kini di kelas utama kami bersama motor Italia, akan jadi perjalanan yang luar biasa," kata Salucci yang menandatangani perjanjian kontrak bersama Carmelo Ezpelata (Dorna Sports) dan Lugi Dall`Igna (Ducati Corse).

"Valentino telah dan akan selalu jadi bagian penting kejuaraan dunia MotoGP. Kini timnya sudah tiba di kelas MotoGP. ini akan jadi warisannya yang luar biasa untuk menginspirasi para penggemar dan pembalap muda," kata Ezpelata.

 Bos Aramco Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud dalam kesepatan sama membeberkan latar belakang Aramco menjadi title sponsor tim milik Rossi.

Intinya adalah bagian dari proyek Arab Saudi dalam Visi 2030 untuk banyak terlbat dalam berbagai industri dan jasa global. Tentu juga terkait dengan nama besar Il Dottore.

"Akan sangat bagus kalau Rossi bisa menjadi pilot tim Aramco Racing Team VR46 bersama saudaranya, bersaing beberapa tahun  di depan," ucap sang pangeran.

Nah, harapan itu apakah tanda kalau tim baru ini akan dipiloti duet Rossi - Marini?

Yang jelas bakal aneh saja jika tahun depan Rossi masih balapan di tim Petronas (perusahaan minyak Malaysia), sementara di sisi lain juga pemilik tim yang disokong oleh perusahaan minyak yang bersaing. (rnp)

 

TERKINI
Paguyuban Motor Si Paling Paham Gelar Halal bi Halal di Warung Solo Kemang, Simak Keseruannya Laba Bersih Astra Otoparts Tembus Rp475,0 Miliar Di Kuartal I 2024 Innova Zenix Hybrid: Unggulkan Sektor Performa, Safety, Efisien dan Teknologi Canggih Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo