MotoGP 2021 Belanda: Vinales Tercepat Gegara Nyontek Settingan Quartararo, Marquez Jatuh Lagi!

Jum'at, 25/06/2021 21:33 WIB

mobilinanews (Belanda) - Pusing dengan urusan set up, Maverick Vinales ambil jalan pintas: menyontek setingan milik rekan satu timnya di Yamaha, Fabio Quartararo. Hasilnya luar biasa, ia tercepat di dua sesi latihan GP Belanda, Sirkuit Assen, pada Jumat (25-6-2021).

Di GP Jerman lalu, Vinales jalani mimpi buruk, tampil terburuk sepanjang karirnya di MotoGP. Finish ke-19 dari 19 finisher alias paling buncit. Ia malu dan hampir saja kembali ke paddock sebelum balapan usai.

Ini membuat kedatangan Silvano Galbusera sebagai kepala mekanik baru sempat diragukan. Solusinya, Vinales akan coba ikuti setingan milik rekannya di Assen.

Itu sebabnya Vinales sangat happy dengan dua hasil awal di GP Belanda. Tercepat di FP1, juga tercepat di FP2. Kekecewaan di Jerman sedikit terobati karena performa M1-nya yang tampak oke di Assen. Apalagi, di trek basah (sempat hujan di FP2), ia pun merasa nyaman dengan besutannya.

"Ini starting point yang sangat bagus. Kepercayaan diri saya kembali tinggi," ujar Vinales yang juara di Assen 2019.

Quartararo sendiri finish ke-4 dan 3 dalam dua sesi itu.

Ternyata bukan hanya Vinales yang menyontek setelan motor rekannya. Pol Espargaro juga lakukan hal yang sama di Repsol Honda, dengan menggunakan mesin dan setelan yang sama dengan Marc Marquez.

Hasilnya ia raih P2 di FP1 hanya dengan gap 0,1 detik dari Vinales. Di FP2, saat gunakan sasis yang sama dengan Marquez, peringkatnya malah melorot ke posisi ke-10.

"Saya nyontek setingannya bukan agar lebih cepat darinya. Itu tak mungkin. Saya nyontek agar paham di mana kelemahan saya," kata Pol.

Marquez yang baru saja memenangi GP Jerman mengawali seri Belanda dengan kecelakaan besar di FP2. Terbang di udara dan dengan keras terpelanting ke lintasan dalam kecepatan 130 km/jam.

Ia sempat tergeletak di lintasan namun beberapa saat kembali berdiri dan pulang ke garasi Honda dibantu marshall.

Belakangan Honda mengkonfirmasi tak ada dampak serius pada tubuh Marquez. Bekas patah tulang tangan kanan maupun bahunya aman.

Daya tarik lain tertuju kepada pembalap Yamaha yang tampil di serial WSBK, Garrett Gerloff. Pembalap AS berumur 25 tahun itu dimainkan tim Petronas Yamaha Srt untuk gantikan Franco Morbidelli yang cidera lutut saat latihan.

Tahun lalu ia sempat gantikan Valentino Rossi di sesi awal GP Valencia sembari menunggi hasil tes The Doctor yang usai diserang Covid-19. 

Gerloff sendiri awali debutnya di tim Petronas Yamaha dengan posisi 22 dan 21 di dua sesi awal GP Belanda.

Namun yang menjadikannya sorotan adalah isu kalau ini semacam audisi baginya untuk menggantikan Rossi di musim 2022. Rossi yang juga gabung dalam tim Malaysia itu akan umumkan apakah lanjut atau akan pensiun dalam beberapa pekan ini. 

Belum ada kepastian apakah Vinales dan Pol akan teruskan set up contekannya pada dua sesi latihan dan kualifikasi pada Sabtu (26/6/2021).

Kalaupun ada perubahan tentunya akan diuji pda sesi FP4 yang umumnya dijadikan momen menetapkan setingan akhir untuk raceday. (rnp)

TERKINI
Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali