F12021 Styrian: Hamilton Makin Kedodoran, Ditekuk Verstappen 11 Km/Jam di Trek Lurus

Jum'at, 25/06/2021 23:30 WIB

mobilinanews (Austria) - Hasil dua seri beruntun di Red Bull Ring tentu akan sangat berpengaruh dalam perburuan gelar F1 2021.

Kedua kandidat juara dunia tahun ini, Max Verstappen dan Lewis Hamilton, lagi-lagi akan melakoni duel sengit pada akhir pekan ini. Tandanya,  sudah ada di sesi awal GP Styrian Jumat (25/6/2021).

Dua catatan tercepat dalam dua sesi awal menjadi bukti keampuhan mesin baru Honda buat RB16B setelah kemenangan di GP Prancis lalu. Trek lurus yang musim lalu jadi area kekuasaan Mercedes, kini malah milik Red Bull Honda.

Verstappen meninggalkan Hamilton rata-rata 11 km/jam di sektor itu. Teknologi DAS (Dual Axis Steering) yang tahun lalu menguntungkan Mercedes dan tahun ini dilarang FIA sepertinya punya pengaruh signifikan. 

Secara psikologis, Verstappen kini benar-benar di zona nyaman. Terlebih lagi karena dua seri beruntun di Red Bull Ring (GP Styrian pekan ini dan GP Austria) pekan depan, bakal sangat berpengaruh pada poin perebutan gelar 2021.

Bertanding di kandang Red Bull sendiri, target pasti tim Austria itu memperlebar jarak di klasemen. Saat ini, Verstappen sudah tinggalkan Hamilton 12 poin di klasemen.

Meski begitu, Verstappen memprediksi duel sengitnya melawan Hamilton akan terjadi di sesi kualifikasi (Sabtu, 26/6/2021) maupun race pada Minggu (27/6/2021). Ia tak ingin ambil patokan dari dua hasil hari Jumat.

"Tentu kami bahagia dengan hasil hari ini. Semua oke pada mobil. Tentu selalu ada ruang untuk dikembangkan dan itulah yang tetap kami cari. Begitu juga lawan. Namun, secara keseluruhan semuanya positif. Hanya saja, catatan waktu Lewis tidaklah seperti yang terlihat dalam hasil akhir," katanya.

Ya, catatan best time Hamilton dan membuatnya urutan 4 di klasemen adalah 1:05,796, sedangkan Verstappen punya catatan 1:05,412 di P1.

Tapi, di akhir sesi sebenarnya Hamilton torehkan waktu lebih kencang lagi, 1:05,335, yang artinya mengalahkan waktu pembalap Belanda itu. Sayangnya, waktu Hamilton itu dianulir stewards karena dianggap melanggar aturan track limits.

"Jadi, sebenarnya kecepatan kami setara. Ini akan menarik dalam pertarungan kualifkasi dan balapan nantinya. Bisa diharapkan duel sengit akan kembali terjadi," tegas Verstappen.

Sepertinya begitu. Karena Hamilton sendiri sudah berhasil ambil keuntungan di area tikungan untuk mengganjar kekurangannya di trek lurus yang 11 km/jam itu. (rnp)

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman