F1 2021 Styrian: Hadapi Verstappen di Kandangnya, Hamilton Hanya Akan Andalkan Pengalaman

Sabtu, 26/06/2021 22:42 WIB

mobilinanews (Austria) - Kecepatan versus pengalaman. Sepertinya itu yang akan mewarnai duel `maut` Max Verstappen (Belanda/Red Bull Honda) melawan Lewis Hamilton (Inggris/Mercedes) di GP Styrian, Austria, Minggu (27/6/2021) esok. Duel panjang sebanyak 71 laps.

Lebih kencang di sesi latihan dan meraih pole position menjadi fakta kalau RB16B geberan Verstappen lebih kencang dari W12 besutan Hamilton.

Soal nyali, keduanya berada di level tinggi. Karena itu, seperti harapan Hamilton, pengalamannya yang lebih panjang akan bisa membawa perubahan.

"Berharap bisa menyalip Max di lintasan akan sangat sulit. Meski start dari front row tak berarti mobil kami bisa mudah mengimbanginya. Ini front row hadiah dari teman saya (Valtteri Bottas), karena itu akan saya perjuangkan untuk hasil terbaik," kata Hamilton.

Ya, posisi kedua di belakang Verstappen sebenarnya memang milik Bottas yang lebih kencang dari Hamilton. Sayangnya, pembalap Finlandia itu terkena hukuman mundur 3 posisi akibat insiden di pitstop kemarin.

Saat itu, ia terlalu kencang berakselerasi sehingga mobilnya melintir tak tentu arah. Oleh FIA kasus itu dianggap membahayakan dan dihukum penalti itu tadi, plus penalti poin pada `SIM`-nya.

Kalah di single lap, Hamilton juga yakin mobilnya tak punya race pace mumpuni untuk melawan rivalnya pada race sesungguhnya.

Sebagai petarung, katanya, ia bakal tetap fight. Ia hanya perlu mendapatkan momen yang bisa ia manfaatkan berdasarkan pengalaman panjang yang ia miliki sebagai pemegang 7 gelar dunia F1.

"Saya harap akan ada kejutan dalam race. Saya ingin membuat mereka pusing. Bagaimana pun saya berada di front row dan punya kans fight sejak awal. Akan saya keluarkan semua kemampuan yang saya miliki," imbuh Hamilton yang berharap ada hujan saat balapan, yang bisa menguntungkannya dari segi pengalaman tadi.

Verstappen pun siap melayani. Meski tercepat sejak sesi awal dan punya race pace yang ia sebut positif, namun ia memperkirakan perlawanan ketat Hamilton akan terjadi sejak awal.

"Saya yakin pertarungan bakal sangat ketat. Mari berharap bisa berlangsung menarik seperti di Prancis karena itu menyenangkan buat penonton," kata Verstappen. 

Ini pole perdana Verstappen di Sirkuit Red Bull Ring, trek yang menjadi home race tim Red Bull. Itu menjadi penyemangat besarnya untuk menyandingkan pole itu dengan kemenangan.

Bagaimana pun caranya. Meraih pole saja, katanya, ia sudah sangat girang. Apalagi jika diraih bersama kemenangan.

"Mobil sangat bagus dikendarai. Saya tak sabar memulai lomba," lanjut Verstappen.

Saat ini, Verstappen unggul 12 poin atas Hamilton di klasemen pembalap. Itu situasi yang memang mengharuskan Hamilton pol-polan berjuang.

Di tengah ketertinggalan kemampuan mobilnya, maka strategi dan pengalaman yang bisa diandalkan. Dan, seperti biasanya dalam balapan, apa pun bisa terjadi dalam raceday besok. (rnp)

 

 

TERKINI
Hyundai Ajak Pemilik IONIQ 5 dan IONIQ 6 Lakukan Pembaruan Software Bermasalah, Menjamin Keamanan Konsumen Mazda Indonesia Resmi Buka Diler Baru di Jemursari, Surabaya, Ini Fasilitas Unggulannya PEVS 2024 : NETA Raih Penghargaan Favourite Car Brand Launch, Ini Strategi Yang Diterapkan MMKSI Merelokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Kini Lebih Lengkap dan Nyaman