F1 2021: Tim dan Pembalapnya Terpuruk, Bos Mercedes Ini Masih Bicara Sombong!

Selasa, 06/07/2021 18:34 WIB

mobilinanews (Inggris) - Dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya, tim Mercedes di F1 musim ini payah dan kedodoran. Sudah terkapar dihajar habis-habisan Red Bull Honda. Dari 9 seri, mereka baru menang 3 kali, 6 lainnya buat rival. Tapi, Toto Wolff masih bisa keluarkan komentar agak arogan.

Untuk kali pertama sejak 2014, Mercedes bisa dibulan-bulani tim lain. Di klasemen pembalap, Lewis Hamilton sudah tertinggal 32 poin dari Max Verstappen.

Di konstruktor, tengah defisit 44 poin dari Red Bull Honda. Selisih poin yang memberi gambaran ketidakmampuan Mercedes berkompetisi tahun ini, baru dalam 9 putaran.

Namun, Wolff melihat ketimpangan itu bukan karena lawan lebih jago, tapi karena kesalahan timnya sendiri. Ia pun yakin Hamilton akan bangkit dan meraih gelar ke-8 sekaligus rekor baru pada musim ini.

"Masih ada 14 balapan di depan dan kami hanya berjarak satu kali DNF dari Red Bull. Dan, ingat, kami kehilangan banyak poin tak lain karena kesalahan kami sendiri," kata Wolff seakan tak terima disebut mobil rival kini lebih kompetitif dengan mobil mereka.

Kekalahan musim ini, lanjut Wolff, tak lain karena internal tim Mercedes sendiri yang belum menemukan satu aksi yang menyatu dengan satu tujuan bersama.

Ia tak menyebut alasannya, tapi bisa jadi itu merujuk pada fakta bahwa  kalau di akhir musim ini ada akan banyak pakar mesin mereka yang hengkang ke tim Red Bull. 

"Setelah memenangkan kejuaraan ini dalam 7 tahun beruntun, kini kami memang berada dalam situasi di mana kami harus berjuang keras. Saya tak menyebut hal ini menyenangkan, tapi ini akan membuat kami lebih kuat pada phase berikutnya," terang Wolff.

Pria Austria itu menyebut `musibah` yang dialami timnya saat ini justru perlu dirasakan setelah 7 tahun lamanya dominan di kancah F1.

Dengan pengalaman tak terkalahkan itu pula ia yakin Mercedes masih punya kemampuan memukul balik lawannya dalam 14 race hingga akhir musim.

Kesempatan terdekat adalah GP Inggris di Sirkuit Silverstone yang menjadi home race Hamilton. Dalam kesempatan sebelumnya Wolff mengatakan akan ada pengembangan teknis mobil mereka di sektor aerodinamika dan mesin.

Sejauh ini belum ada bocoran sayap baru yang akan diusung Mercedes W12 ke Silverstone. Apa pun itu hasilnya harus positif dalam arti sukses merapatkan jarak di klasemen pembalap dan konstruktor.

Karena hanya dengan cara itu, Wolff bisa menjaga dan lanjutkan arogansinya. (rnp)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali Hyundai dan Grab Salurkan Alat Bantu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas