MotoGP 2021: Dorna Keluarkan Jadwal Baru, Sirkuit Mandalika Muncul Lagi Sebagai Cadangan!

Kamis, 08/07/2021 20:28 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Hanya sesaat setelah GP Australia 2021 dibatalkan, Dorna Sports langsung menetapkan Sirkuit Portimao di Portugal sebagai pengganti. Jadwal baru direvisi dan diumumkan. Anehnya GP Indonesia di Sirkuit Mandalika, NTB, tetap jadi cadangan.

Pergeseran GP Australia ke Portugal bisa cepat diputuskan lantaran FIM, IRTA dan Dorna Sports memang sudah menyiapkannya saat ada gejala seri Australia di Philip Island terancam batal.

Konsekuensi perpindahan ini pun relatif kecil, yakni mengganti jadwal GP Malaysia ke tanggal 22-24 Oktober yang tadinya milik Australia. Berdekatan dengan negeri tetangga, Thailand, pada 17 Oktober 2021 untuk meringankan pengangkutan logistik dan pergerakan seluruh peserta grand prix.

Dalam jadwal baru yang diumumkan bersama oleh FIM, IRTA dan Dorna itu, masih juga tercantum GP Indonesia sebagai seri cadangan. Padahal sejak beberapa bulan lalu event ini sudah dibatalkan dan dimasukkan ke serial 2022.

Dorna maupun Menteri BUMN Erick Tohir yang membawahi manajemen Sirkuit Mandalika sudah umumkan Maret 2022 menjadi kemungkinan kembalinya balap motor dunia itu ke Indonesia setelah penantian 23 tahun.

Seperti rencana awal, ada 20 seri balapan 2021 yang dirancang dan sejauh ini masih tetap seperti itu. Dalam kalender baru ini sudah terjadwal 19 seri hingga November mendatang.

Satu seri lainnya GP Argentina, masih dalam status tunda dan belum ada kepastian bisa digelar atau tidak.

Dalam keterangannya, Dorna tak menyebut alasan mengapa Mandalika masih ada dalam daftar cadangan meski sebelumnya sudah resmi pindah ke musim 2022.

Pembangunan fisik Sirkuit Mandalika sendiri masih tetap berjalan dan diharapkan bisa menjadi tuan rumah serial WSBK 2021 yang dijadwal pada 12-14 November 2021.

Artinya trek jalan raya ini sudah rampung dan dapat homologasi FIM pada September atau Oktober. Ini skenario yang masuk akal, sepanjang infrastruktur pendukungnya juga terbangun bersamaan. 

Di sisi lain, bisa jadi Dorna juga belum terlalu yakin apakah seri Thailand dan Malaysia bisa digelar sesuai jadwal. Jika salah satu dari dua itu gagal, maka Dorna pasti akan repot dan rugi besar jika datang ke kawasan Asia Tenggara hanya untuk sekali balapan.

Ini terkait dengan logistik yang sangat banyak. Hanya untuk motor dan perlengkapan teknis lainnya saja dibutuhkan 4 pesawat super jumbo.

Meski tak ada keterangan resmi sepertinya itulah yang dijaga Dorna untuk tetap menetapkan Mandalika sebagai cadangan. Tentu saja pada saat sama pembangunan trek Mandalika harus kelar sesuai jadwal.

Apa mungkin?

Ya, mungkin saja! Apa sih yang tak mungkin di MotoGP seperti slogan yang berkembang sejak tahun lalu kala banyak hal yang tak terduga muncul di kancah balapan ini.

Indikasinya adalah serial WSBK yang masih terjadwal di Mandalika dan belum ada tanda-tanda pembatalan. Jika trek ini sudah layak buat WSBK pada November maka tinggal diperjuangkan agar spek untuk MotoGP juga bisa dikejar selesai pada setidaknya Oktober. Bila timnya Loris Capirossi yang akan berkunjung kembali ke Mandalika bilang trek ini juga layak dan aman untuk MotoGP, maka semua soal regulasi beres. Dorna tinggal atur budget baru. 

Jika bukan untuk mengantisipasi salah satu seri Thailand atau Malaysia, lantas buat apa Dorna memasukkan kembali Mandalika sebagai cadangan? Tak mungkinlah dicadangkan  untuk salah satu seri yang di Eropa sono!

Jika dua-duanya, Thailand dan Malaysia, batal seperti tahun lalu pastinya FIM dan Dorna akan lebih mudah mengambil keputusan. (rnp)

 JADWAL BARU MOTOTGP 2021

Date Grand Prix Venue
28 March Qatar Losail International Circuit
04 April Doha Losail International Circuit
18 April Portugal Algarve International Circuit
02 May Spain Circuito de Jerez
16 May France Le Mans
30 May Italy Autodromo del Mugello
06 June Catalunya Barcelona-Catalunya
20 June Germany Sachsenring
27 June Netherlands TT Circuit Assen
8 August Styria Red Bull Ring
15 August Austria Red Bull Ring
29 August Great Britain Silverstone Circuit
12 September Aragón MotorLand Aragón
19 September San Marino Misano World Circuit Marco Simoncelli
03 October Americas Circuit of the Americas
17 October Thailand Chang International Circuit
24 October Malaysia Sepang International Circuit
07 November Algarve Algarve International Circuit
14 November Comunitat Valenciana Circuit Ricardo Tormo
     
Reserve Grand Prix
N/A Indonesia Mandalika International Street Circuit
     
Postponed Grand Prix
N/A Argentina Termas de Río Hondo

TERKINI
Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9 Spesifikasi Seres E1 yang Meraih Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024 305 Ducati Pecahkan Rekor MURI di Event We Ride As One di Candi Prambanan Mengesankan, Xiaomi Tunjukkan Inovasi Proses Produksi Mobil Listrik SU7 Setiap 76 Detik Sekali